Pendidikan

Apa Itu Pengertian Dialog Interaktif : Unsur, Ciri & Contoh

Tahukau.comApa Itu Dialog Interaktif – Seringkali di acara televisi, baik acara talkshow maupun radio selalu menghadirkan perbincangan yang menarik dengan menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya. Pembicaraan antara pembawa acara dengan narasumber inilah yang dikenal dengan nama dialog interaktif. Nah tahukah kalian apa itu dialog interaktif? Jangan kahwatir bagi kalian yang belum mengetahui karena di dalam artikel akan diulas mengenai pengertian dialog interaktif lengkap beserta contoh singkatnya. Bagi kalian yang penasaran, simak baik-baik ulasannya di bawah ini!

Baca juga : Apa Itu Teks Narasi ?

Pengertian Dialog Interaktif

Pengertian Dialog Interaktif

Dialog interaktif adalah suatu kegiatan diskusi yang membahas suatu topik tertentu, baik dilakukan di acara televisi, radio, maupun forum-forum umum yang melibatkan pendengar untuk menanyakan dan menanggapi isi dari pembicaraan dialog tersebut. Biasanya dialog interaktif melibatkan seorang pembawa acara dan juga narasumber yang ahli atau paham dengan topik yang sedang dibahas.

Dialog interaktif dapat bersifat formal maupun semi formal. Umumnya dialog interaktif bersifat formal yang diadakan di beberapa acara resmi seperti acara yang ditayangkan di beberapa media seperti TV, internet, koran, dan radio. Selain itu, dialog interaktif juga dapat dihadirkan dalam panggung diskusi di kampus, sekolah, maupun institusi lainnya.

Dialog interaktif ini berfungsi untuk membahas suatu permasalahan yang sesuai dengan tujuan untuk mendapatkan jalan keluar atau solusi dari permasalahan tersebut. Dengan kita mendengarkan, kita sebagai penonton atau pendengar dapat mengetahui informasi terkini yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat.

Ada beberapa hal penting yang tidak boleh terlewatkan jika ingin dialog tersebut dikatakan sebagai dialog interaktif yang berkualitas, diantaranya sebagai berikut:

  • Tema
    Biasanya tema ditentukan sebelum diadakannya acara dialog inetraktif tersebut. Tema yang menarik biasanya selalu berkaitan dengan isu-isu terkini yang sering dibicarakan masyarakat. Semakin menarik tema yang diangkat, maka semakin banyak penonton atau pendengar dialog interaktif tersebut
  • Narasumber
    Narasumber yang diundang di dalam suatu dialog interaktif harus benar-benar ahli atau paham dengan tema yang akan dibahas
  • Opini
    Opini yang disampaikan oleh narasumber wajib diperhatikan. Sangat penting untuk mengetahui apakah opini yang disampaikan narasumber tersebut didukung oleh data atau fakta yang valid atau tidak
  • Kesimpulan
    Berupa rangkuman mengenai hal-hal penting yang ada selama dialog interaktif berlangsung. Biasanya yang bertugas menyampaikan kesimpulan kepada penonton atau pendengar di akhir acara adalah pembawa acara dialog interaktif tersebut.

Baca juga : Apa Itu Konsep ?

Unsur-unsur Dialog Interaktif

Unsur-unsur Dialog Interaktif

Jika ingin disebut sebagai dialog nteraktif, maka sebuah diskusi harus memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

  • What : dialog harus memiliki tema atau hal penting yang akan dibahas
  • Who : dialog harus jelas akan melibatkan siapa saja yang ada di dalam sebuah dialog interaktif. Unsur ini juga dapat menunjukkan cara memilih narasumber yang akan diajak untuk berdialog.
  • When : kapan dialaog interaktif itu dilakukan yang mana meliputi tanggal dan jam.
  • Where : dimana tempat diadakannya dialog interaktif tersebut
  • Why : mengapa dialog interaktif itu penting untuk dilakukan
  • How : bagaimana proses dan hasil dari diadakannya dialog interaktif tersebut.

Baca juga : Apa Itu Notulen Rapat ?

Ciri-ciri Dialog Interaktif

Ciri-ciri Dialog Interaktif

Dialog interaktif dapat dikenali melalui ciri-cirinya yang membedakan dengan dialog lainnya. Adapun ciri-ciri dialog interaktif sebagai berikut:

  • Dialog interaktif melibatkan tidak hanya satu orang namun banyak orang baik langsung maupun tidak langsung
  • Terdapat sesi tanya jawab antara pembawa acara dengan narasumber agar dialog interaktif berjalan dengan lancar
  • Biasanya ditayangkan di acara televisi, radio, maupun acara lainnya, baik bersifat formal maupun semi formal

Baca juga : Apa Itu Kalimat Aktif ?

Contoh Dialog Interaktif Singkat

Contoh Dialog Interaktif Singkat

Berikut ini akan dipaparkan beberapa contoh dialog interaktif singkat di beberapa acara:

A. Contoh dialog interaktif singkat di acara Hitam Putih Trans7

Nama acara     : Hitam Putih

Stasiun TV      : Trans7

Presenter         : Deddy Corbussier

Narasumber     : Luna Maya

Tema               : Pengalaman mistis selama syuting film horor

Dialog:

Deddy             : Selamat malam, Luna.

Luna Maya      : selamat malam, mas Deddy

Deddy             : Luna sekarang sedang sibuk film baru ya?

Luna Maya      : Iya, aku sedang ada proyek film baru. Kebetulan film yang akan aku mainkan genrenya horor

Deddy             : Saya dengar, katanya saat syuting pernah melihat sesuatu. Apa itu benar?

Luna Maya      : Oh iya mas. Kebetulan waktu itu pernah merasakan pengalaman mistis pada saat syuting. Mungkin itu karena tuntutan peran juga sih. Kan di sini diceritakan kalau tokoh utamanya itu mampu melihat hal-hal yang tidak kasat mata, seperti dapat berinteraksi dengan makhluk ghaib gitu. Jadi, otomatis kan mata batinku harus dibuka. Dan ternyata memang di sekitar tempat syuting aku tuh banyak sekali makhluk-makhluk yang tak kasat mata. Ya mungkin bukan hanya di tempat syutingku aja sih. Di tempat-tempat lain juga pasti ada.

Deddy             : Kira-kira kapan dan di mana Anda mengalami kejadian mistis tersebut?

Luna Maya      : Waktu syuting di daerah Yogyakarta. Jadi saat syuting aku ditemani seorang paranormal yang membantu saya membuka mata batin di lokasi tersebut.

Deddy             : Lalu, kira-kira menurut kamu, sosok apa yang paling menyeramkan di sekitar tempat lokasi syuting kamu? Seperti apa sosoknya?

Luna Maya      : Sebenarnya semua sosok yang aku lihat itu menyeramkan. Namun ada satu sosok yang menurutku sangat menyeramkan yaitu sosok perempuan Belanda yang mukanya hancur dengan menggunakan baju seperti di zaman penjajahan.

Deddy             : Wah, cukup menyeramkan yah sosoknya.

Kesimpulan:

Artis Luna Maya mengaku pernah mengalami kejadian mistis yaitu melihat makhluk ghaib ketika menjalani syuting film horor di daerah Yogyakarta.

B. Contoh dialog interaktif singkat tentang kebersihan

Nama acara     : Selamat Pagi

Stasiun Radio  : Sinar FM

Presenter         : Citra

Narasumber     : Dr. Aditya

Tema               : Pentingnya cuci tangan sebelum makan

Dialog:

Citra                : Selamat pagi pendengar setia Sinar FM. Pagi ini kita kedatangan seorang dokter ganteng nih dambaan semua wanita yang akan memberikan informasi mengenai pentingnya cuci tangan sebelum makan. Oke langsung saja kita mulai ya. Selamat pagi dokter.

Dr. Aditya       : Selamat pagi, mbak citra dan selamat pagi juga  pendengar setia Sinar FM.

Citra                : Oke dok. Di mana-mana kan sekarang ini sedang digerakkan kegiatan rajin cuci tangan menggunakan sabuh. Nah sebenarnya manfaatnya itu seperti apa sih dok?

Dr. Aditya       : Manfaat cuci tangan dengan sabun tentunya sangat banyak sekali, mbak. Kegiatan tersebut memang sengaja untuk diciptakan oleh pemerintah karena tubuh kita yang sehat itu sebenarnya dimulai dari tangan yang bersih. Faktanya, setiap hari tangan kita selalu bersentuhan dengan berbagai hal sehingga banyak sekali kuman yang menempel. Jadi kalau kita tidak cuci tangan akan berdampak pada tubuh kita. 

Citra                : Nah, apakah kuman-kumat itu yang menyebabkan penyakit?

Dr. Aditya       : Benar sekali. Kuman-kuman itulah yang menyebabkan berbagai macam penyakit seperti muntaber, diare, hingga cacingan. Nah, itulah gunannya mencuci tangan dengan sabun. Kuman yang ada di tangan kita akan hilang bersamaan dengan sabun dan air.

Citra                : Nah, apakah sabun dapat membunuh kuman dok?

Dr. Aditya       : Tidak sepenuhnya benar. Sabun yang tidak mengandung alkohol tidak bisa membunuh kuman. Namun, cuci tangan dengan menggunakan sabun setidaknya dapat mengangkat kuman-kuman yang ada di tangan dan hilang bersamaan dengan air yang mengalir. Jadi, tangan menjadi bersih dari kuman.

Kesimpulan:

Cuci tangan dengan menggunakan sabun bermanfaat untuk menghilangkan kuman yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

C. Contoh dialog Interaktif singkat tentang pendidikan

Nama acara     : Jurnal Pagi

Stasiun TV      : Berita Dua TV

Presenter         : Erlan Langit

Narasumber     : Shaleh

Tema               : Kualitas dan tantang pendidikan yang ada di Indonesia

Dialog:

Erlan    : Selamat pagi, pak Shaleh

Shaleh : Selamat pagi juga mas Erlan

Erlan    : Gini pak, semua penonton dan pemirsa yang ada di rumah sangat penasaran dengan kualitas dan mutu dari pendidikan yang ada di Indonesia saat. Nah, menurut bapak, bagaimana pandangan dan opini dari bapak tentang hal tersebut?

Shaleh : Oke. Jika membicarakan mengenai kualitas, sebenarnya masih banyak sekali persoalannya. Apalagi jika diukur dari indeks kelulusan yang mana masih sangat jauh untuk mencapainya

Erlan    : Oh, ada indeks khusus seperti indeks kelulusan ya pak untuk mengukurnya. Nah, kira-kira siapa orang yang paling berhak untuk menentukan dari tolak ukur tersebut pak? Apakah hanya dari pemerintah saja atau ada pihak-pihak lain yang memiliki hak?

Shaleh : Pastinya yang memiliki hak itulah diknas

Erlan    : Lalu bagaimana dengan UN itu pak? Sebenarnya apakah UN itu penting untuk dimasukkan di dalam kurikulum pendidikan di Indonesia?

Shaleh : Iya. Menurut saya, standart dari kelulusan seperti UN itu lumayan bagus. Hal tersebut dikarenakan dimanapun kita berada, kita wajib untuk mencapai standart yang telah ditentukan.

Kesimpulan:

Pendidikan yang ada di Indonesia memang harus ditingkatkan lagi. Untuk pengadaan UN memang wajib untuk diadakan sebagai peningkatan mutu pendidikan.

Baca juga : Apa Itu Monolog ?

Nah itulah ulasan mengenai pengertian dialog interaktif lengkap beserta contoh singkatnya. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close