Bisnis

Apa Itu Pengertian Bitcoin : Karakteristik, Keuntungan & Kelemahan

Tahukau.comApa Itu Bitcoin – Nyatanya masih banyak yang tau atau familiar dengan kata bitcoin. Di zaman sekarang, kemampuan teknologi bertumbuh sangat pesat. Banyak orang yang menggunakan alat-alat digital untuk mempermudah segala macam urusan seperti contoh untuk membayar belanja online, mentransfer uang dan lain sebagainya. Maka dari itu diciptakanlah bitcoin. Tujuannya ialah untuk mempermudah pengguna dalam hal transaksi maupun investasi. Nah, untuk kalian yang masih belum tau apa itu bitcoin yuk simak penjelasan dibawah tentang pengertian bitcoin dan segala hal yang berkaitan dengan bitcoin!

Pengertian Bitcoin

Pengertian Bitcoin

Bitcoin adalah uang elektronik yang digunakan sebagai alat transaksi atau investasi secara global. Bitcoin juga tersambung dengan perangkat lunak yang telah dirancang menggunakan system peer to peer tanpa penyimpanan pusat atau administrator tunggal.

Baca juga : Investasi di Reksadana

Karakteristik Bitcoin

Karakteristik Bitcoin

Bersifat Terbuka

System yang digunakan bersifat terbuka yang artinya kode program bitcoin dapat dilihat langsung secara global. Maka dari itu system yang digunakan pada bitcoin ini tidak tersembunyi.

Digunakan Sebagai Metode Pembayaran

Hampir sama seperti pembayaran pada umumnya, hanya saja bitcoin merupakan mata uang digital yang tersinkronisasi penuh dengan inernet berbeda dengan uang tunai ataupun debit card. Maka dari itu semua pengguna bitcoin dapat mengakses akun mereka dengan real time dimanapun dan kapanpun. Cara kerja bitcoin untuk pembayaran sama seperti melakukan pembayaran via bank atau transfer, menggunakan kartu kredit, atau pembayaran belanja online. Hanya saja system pembayaran menggunakan bitcoin jauh lebih baik. Pengguna bitcoin juga menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran untuk berbelanja online, mentransfer uang kepada keluarga ataupun teman, dan berbagai transaksi lainnya. Karena bitcoin sendiri memang berfungsi sebagai system pembayaran yang telah diakui dan sah.

Bitcoin Sama Seperti Emas

Di zaman sekarang ini banyak orang-orang menganggap investasi emas sangatlah menjanjikan karena emas sendiri bernilai tinggi. Disamping harga emas yang terus melonjak, faktor lain yang mempengaruhi adalah langkanya pasokan emas. Selain itu emas memiliki harga yang stabil sehingga akan sulit untuk dipalsukan. Bitcoin pun memiliki karakteristik yang sama seperti emas. Bitcoin hanya berjumlah 21 juta yang ada di dunia. Selain itu,harga satu bitcoin setara dengan 100 Juta sama seperti emas per-gram nya. Pengguna bitcoin dapat memindahkan bitcoin diamanapun tanpa dbatasi dengan jumlah bitcoin. Satu lagi karakteristik bitcoin yang hampir sama dengan emas adalah bitcoin tidak mengalami degradasi yang akan merugikan penggunanya. Itulah mengapa bitcoin dianggap dan disebut-sebut sebagai emas digital. Disamping karakteristiknya yang sama, cara investasi bitcoin pun sama seperti investasi emas pada umumnya.

Tidak Dapat di Kontrol

Sama seperti intenet, bitcoin dikenal dengan sebutan desentralisasi karena tidak memiliki gate keeper atau tidak dimiliki oleh siapapun. Jadi, banyak orang yang dapat berkembang dan berinovasi kapanpun dan dimanapun karena bitcoin. Setelah mengetahui pengertian juga karakteristik dari bitcoin yang cukup menggiurkan, pasti kalian ingin tahu cara untuk berinvestasi bitcoin kan? Tapi tunggu dulu! Sebelum beranjak ke cara-cara berinvestasi, ada baiknya untuk mengetahui keuntungan dan kelemahan apa aja yang terdapat pada bitcoin. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari segala jenis kerugian. Nah, sekarang simak penjelasan keuntungan dan kelemahan dari investasi bitcoin ya!

Baca juga : Perdagangan Internasional

Keuntungan Investasi Bitcoin

Keuntungan Investasi Bitcoin

Memiliki Akses atau Jaringan Global

Karena bitcoin merupakan mata uang virtual yang diperdagangkan secara luas maka tak ayal jika banyak orang di berbagai Negara dapat mengetahui mata uang ini. Keuntungan memiliki investasi ini adalah mudahnya melakukan proses transaksi tanpa harus menukarkan uang terlebih dahulu. Dengan bitcoin ini juga dapat membantu membuat apapun jadi lebih cepat dan praktis.

Kecepatan Dalam Proses Transaksi

Jika menggunakan bitcoin ini maka proses transaksi akan lebih cepat dan mudah tanpa ribet, para pemegang bitcoin hanya perlu memanfaatkan gadget mereka yang telah terkoneksi dengan internet maka transaksi dapat dilakukan dan selesai dengan sekejap. Transaksi seperti ini membuat waktu anda lebih efisien tanpa harus mengikuti segala bentuk persyaratan yang biasanya terdapat pada lembaga keuangan.

Minim Sentralisasi Otoritas

System kerja bitcoin tidaklah terpusat melainkan terdistribusi secara luas maka bitcoin dapat diakses secara umum oleh orang-orang yang bahkan berada di lain negara. Ketika anda melakukan transaksi maka tidak akan ada yang menjadi perantara karena seperrti yang dijelaskan tadi bahwa system bitcoin tidaklah terpusat. Jadi, anda tidak perlu merasa ragu dalam melakukan transaksi ini.

Pemerintah Tidak Mengatur Transaksi

Salah satu keuntungan lain dari investasi bitcoin adalah harga bitcoin yang tetap dalam artian tidak mengalami perubahan apabila terjadi suatu hal yang buruk yang menyangkut pautkan pemerintahan. Naik turunya harga investasi ini hanya dipengaruhi oleh demand pasar bukan pemerintahan. Selain itu, investasi ini juga aman dari manipulasi birokrasi yang biasanya terjadi pada mata uang riil.

Baca juga : Segmentasi Pasar

Kelemahan Investasi Bitcoin

Kelemahan Investasi Bitcoin

Selain memiliki keuntungan atau kelebihan, investasi bitcoin sendiri memiliki beberapa kelemahan dan resiko, yaitu antara lain:

Dampak Peraturan Negara

Negara bisa saja melarang penggunaan bitcoin sehingga dapat berdampak pada penurunan harga investasi. Karena seperti yang kita tahu pada penjelasan sebelumnya bahwa naik turunnya harga investasi bitcoin dipengaruhi oleh permintaan pasar. Jadi, apabila Negara melarang penggunaan bitcoin, maka pasaran bitcoin juga ikut menurun begitu pula dengan harganya.

Rentannya Terjadi Kesalahan

Dalam melakukan transaksi anda diharuskan teliti dalam mengetik alamat yang tepat, karena jika terjadi kesalahan pada pengiriman maka sudah tidak dapat diubah. Namun, jika anda berada dalam koneksi yang bagus di 10 menit pertama maka kesalahan tersebut masih bisa diubah. Tetapi, jika koneksi buruk terjadi pada 10 menit pertama tersebut maka anda harus siap kehilangan uang karena telah mengirimkan pada alamat yang salah.

Rumitnya Transaksi

Anda diharuskan benar-benar menguasai cara-cara bertransaksi yang cukup rumit. Mengapa rumit? Karena anda diharuskan untuk dapat membuat wallet baru, alamat yang terpisah di setiap transaksi yang baru, serta harus menyembunyikan IP anda. Sayangnya, bitcoin juga rawan akan serangan para hacker untuk membobol akun anda,

Tidak terlindung oleh undang-undang Negara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bitcoin menggunakan jaringan di setiap transaksinya, maka pemerintah tidak dapat menjamin legalitas dan mengatur semua transaksi yang and lakukan. Dan juga apabila terjadi sesuatu maka pemerintah tidak dapat bertanggung jawab karena tidak termasuk dalam undang-undang.

Itu dia keuntungan dan kelemahan investasi bitcoin yang harus anda pikirkan terlebih dahulu jika ingin melakukan investasi tersebut. Setelah mengetahui keuntungan dan kelemahan investasi bitcoin, pastinya anda juga ingin mengetahui cara-caranya investasi bitcoin itu seperti apa kan? Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara-cara investasi bitcoin seperti apa. Jadi, simak penjelasan berikut ini ya!

Baca juga : Platform Trading Forex Terbaik

Cara Berinvestasi dengan Bitcoin

Cara Berinvestasi dengan Bitcoin

Membeli dan Menjual Bitcoin

Nah, saat ini untuk membeli dan menjual bitcoin sedikit lebih mudah dari sebelumnya. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat wallet bitcoin untuk menyimpan, membeli, dan menjual bitcoin. Wallet bitcoin ini merupakan rekening digital yang akan memudahkan transaksi anda. Jika ingin membuat wallet bitcoin ini anda bisa mengunjungi situs Bitcoin,co.id. Setelah dompet bitcoin anda jadi kemudian tautkan rekening bank yang anda miliki pada dompet bitcoin anda. Anda harus memberikan data diri beserta nomor rekening anda agar lebih memudahkan dalam bertransaksi. Resiko dari menautkan rekening bank anda tidak lebih dari berbelanja online.selanjutnya ialah membeli bitcoin melalui rekening bank anda. Akan ada opsi “buy bitcoin” pada laman dompet bitcoin anda, kemudian klik opsi tersebut dan lakukan pembelian bitcoinnya. Anda juga dapat menjual bitcoin yang anda punya. Namun, menjual bitcoin tidaklah mudah seperti halnya membeli. Anda harus berusaha menemukan pembeli yang ingin membeli bitcoin anda. Bisa dengan melakukan pendaftaran pada pasar Bitcoin. Anda juga bisa melakukan transaksi melalui web atau menemui pembelinya langsung.

Menggunakan Opsi Alternative

Jika anda benar-benar serius untuk berinvestasi di Bitcoin maka anda harus mengatur skema pembelian bitcoin. Anda hanya perlu memenentukan jumlah uang yang akan ditarik dari rekening bank anda untuk membeli bitcoin dan menyimpannya dalam dompet bitcoin. Selanjutnya adalah pertimbangkan kembali untuk menggunakan jasa perusahaan investasi bitcoin. Langkah ini dianggap langkah paling aman untuk mempercayakan bitcoin anda pada perusahaan karena mereka berurusan langsung dengan harga bitcoin.

Mendapat Keuntungan Investasi

Untuk mendapatkan keuntungan dari investasi ini gunakanlah strategi “beli murah jual mahal”. Sama seperti membeli saham di dunia nyata. Belilah ketika kurs rupiah sedang rendah dan juallah ketika kurs rupiah sedang tinggi. Namun, karena pasar Bitcoin yang masih sering brubah-ubah maka kenaikan dan penurunan harga pun sulit untuk diprediksi. Untuk mengetahui informasi kenaikan atau penurunan harga anda harus sering-sering dalam memantau pasar tren Bitcoin. Mengapa? Karena peluang untuk menghasilkan laba dari investasi ini dapat muncul dan menghilang dalam hitungan hari.langkah terakhir yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah pernah menginvestasikan bitcoin anda lebih dari yang anda sanggupi karena jika anda tidak mendapatkan laba paling tidak keuangan anda tidak hancur sepenuhnya.

Baca juga : Online Stock Trading

Semoga artikel yang berisi segala penjelasan tentang bitcoin mulai dari pengertian sampai cara investasi bitcoin ini dapat membantu dan menjadi referensi tambahan anda dalam mengenal bitcoin. Selalu manfaatkan peluang yang ada untuk investasi. Tetaplah berhati-hati dengan segala resiko yang ada pada investasi ini dan juga pastikan perusahaan yang akan anda tanami saham investasi adalah perusahaan terpercaya yang bisa dipertanggung jawabkan.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close