Pendidikan

Apa Itu Pengertian Bahasa : Fungsi, Manfaat, dan Jenis-Jenis

Bahasa adalah penghubung penting sesama manusia sebagai syarat berkomunikasi. Dari dulu hingga sekarang, bahasa menjadi alat utama penyaluran kepercayaan nilai dan moral termasuk seni dan religi. Bahasa menjadi alat komunikasi berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari alat ucap manusia. Bahasa terdiri dari kumpulan kata yang memiliki makna dan hubungan abstrak dengan objek yang diwakili oleh kata-kata tersebut. Lalu, apa saja pengertian bahasa tersebut? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda!

Baca juga : Apa Itu Prosa ?

Pengertian Bahasa

Pengertian Bahasa

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa pengertian bahasa menurut para ahli, antara lain:

Menurut Para Ahli

Keraf

Bahasa dengan sifat arbitrer adalah alat komunikasi anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia.

Santoso

Bahasan merupakan bunyi yang berasal dari ucapan manusia tanpa sadar sehingga pola bahasa sesuai dengan dialek tiap karakter manusia bisa terbentuk.

Wibowo

Bahasa berarti sistem simbol yang memiliki makna artikulasi oleh media ucap yang sifatnya arbitrer atau konvensional.

Walija

Bahasa yakni komunikasi terpenting untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan, dan pendapat pada orang lain sebagai lawan bicara.

H.G Brown

Bahasa merupakan sistem komunikasi yang menggunakan sumber bunyi dari organ-organ ucap yang dapat didengar oleh masyarakat.

Harimurti Kridalaksana

Arti bahasa merupakan sistem bunyi bermakna yang digunakan untuk melakukan komunikasi oleh sekelompok manusia dengan pikiran sebagai rencana dialektika.

Finoechiaro

Bahasa adalah sebuah simbol vocal arbitrer yang memungkinkan dari setiap orang dalam suatu kebudayaan tertentu.

Carol

Bahasa adalah sistem bunyi dengan urutan vocal terstruktur yang bisa digunakan untuk berkomunikasi internasional untuk mengungkapkan suatu peristiwa di sekitar manusia.

Kamus Linguistik

Bahasa adalah sistem lambang bunyi pada arbitrernya yang difungsikan oleh para angota masyarakat sebagai bentuk kerja sama dalam mengidentifikasi diri.

Willian A. Havilland

Menurut Willian, bahasa yaitu sistem bunyi yang digabungkan melalui aturan menjadi sebuah arti yang ditangkap oleh setiap orang. Dimana nantinya akan membantu proses berbicara melalui pola pelafalan yang terarah.

Pangabean

Bahasa adalah suatu sistem yang mengutarakan bagaiaman peristiwa terjadi pada sistem saraf yang berkembang. Sistem akan menghasilkan bunyi untuk menangkap argument, pristowa, dan pendapat dari manusia sebagai suatu perkataan.

Plato

Bahasa merupakan pernyataa pikiran seseorang melalui perantaraan onomata (nama benda atau sesuatu), rhemata (ucapan) sebagai cerminan ide seseorang melalui mulut.

Ferdinand De Saussure

Bahasa merupakan ciri pembeda paling menonjol sebab bahasa setiap kelompok sosial yang menganggap diri mereka berbeda dari kelompok lainnya.

Bill Adams

Definisi bahasa merupakan sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif.

Sudaryono

Bahasa adalah sarana komunikasi efektif meskipun terkadang ketidaksempurnaan bahasa menjadi sumber kesalahpahaman.

Depdiknas

Menurut Depdiknas (2005:3), bahasa adalah ucapan pikiran dan perasaan manusia secara teratir yang menggunakan bunyi sebagai alatnya.

Harun Rasyid, Mansyur, dan Suratno

Bahasa menurut Harun Rasyid, Mansyur, dan Suratno (2009:126), bahasa adalah struktur dan suatu makna yang bebas dari penggunanya yang menyimpulkan sebuah tujuan

Hasan Alwi

Arti bahasa menurut Hasan Alwi (2002:88) adalah lambang bunyi arbitrer oleh masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, serta mengidentifikasi bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, dan sopan santun yang baik.

Baca juga : Apa Itu SOP ?

Fungsi-Fungsi Bahasa

Fungsi-Fungsi Bahasa

Secara umum terdapat 3 fungsi utama bahasa, diantaranya adalah:

Sebagai Alat Berkomunikasi

Melalui sebuah bahasa, setiap individu melakukan komuniaksi dua arah yang dimengerti oleh masing-masing individu.

Sebagai Pemersatu Suatu Bangsa

Bahasa bisa berfungsi sebagai alat pemersatu bansa karena bahasa digunakan sebagai alat komunikasi. Setiap individu menyampaikan pemikirannya melalui bahasa yang dimengerti. Komunikasi masyarakat menggunakan bahasa yang sama dan saling dimengerti satu sama lain akan mempererat bangsa menjadi lebih kuat.

Sebagai Identitas Suku Bangsa

Bahasa juga berfungsi sebagai identitas suatu suku bangsa karena keunikannya masing-masing. Seperti kita ketahui, setiap suku bangsa memiliki bahasa yang berbeda-beda sehingga menciptakan identitas dan keunikan tersendiri.

Selain itu, beberapa fungsi bahasa lainnya adalah:

  • Sebagai alat berpikir
  • Sebagai alat kontrol sosial
  • Sebagai sarana mempertontonkan ekspresi
  • Sebagai sarana pemahaman diri sendiri dan orang lain
  • Sebagai alat mempelajari berbagai ilmu pengetahuan dan sejarah
  • Sebagai sarana membangun kecerdasan dan karakter

Baca juga : Apa Itu Evaluasi ?

Manfaat Bahasa

Manfaat Bahasa

Selain fungsi bahasa, manfaat bahasa juga sangat beragam bagi kehidupan sehari-hari, antara lain:

Bahasa Resmi Suatu Negara

Indonesia adalah negara yang didalamnya banyak suku bangsa dengan beragam bahasa daerah. Oleh karena itu, harus ada bahasa resmi untuk mempersatukan seluruh warga negara Indonesia dari berbagai suku bangsa tersbeut. Dalam hal ini, bahasa resmi adalah bahasa Indonesia.

Pengantar Dalam Dunia Pendidikan

Dalam penyampaian materi di dunia pendidikan harus menggunakan bahasa resmi agar warga negara yang bersangkutan bisa mengerti. Oleh karena itu, kegiatan belajar mengajar di sekolah menggunakan bahasa Indonesia.

Alat Pengembang Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan

Dalam upaya mengembangkan kebudayaan di Indonesia akan berakaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia. Meskipun setiap suku memiliki bahasa sendiri, namun dalam pengembangan ilmu pengetahuan harus memakai bahasa resmi, yakni bahasa Indonesia.

Baca juga : Apa Itu Analisis ?

Jenis-Jenis Bahasa

Jenis-Jenis Bahasa

Jenis-jenis bahasa yang perlu Anda ketahui adalah:

  1. Bahasa lisan adalah komunikasi sesama manusia untuk saling mengungkapkan melalui kata-kata yang terucap dari mulut.
  2. Bahasa tulisan yaitu bentuk komunikasi berbagai kosa kata yang membentuk sebuah kalimat dengan arti kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan.
  3. Bahasa isyarat merupakan bentuk komunikasi dengan anggota tubuh seperti tangan dan gerak bibir. Jenis bahasa ini digunakan oleh kaum tunarungu yang mengombinasikan antara gerakan tangan, gerak bibir, dan ekspresi wajah agar lawan bicara mengerti maksudnya.
  4. Bahasa pemrograman adalah bahasa memerintah komputer menggunakan syntax yang telah diatur oleh bahasa pemrograman tertentu agar komputer berjalan sesuai perintah.
  5. Bahasa batin adalah interaksi mental secara langsung melalui isi hati kita. Bahasa batin tidak memerlukan kata-kata. Istilah yang terkait dengan komunikasi bahasa batin adalah telepati.

Sedangkan, jenis-jenis bahasa berkaitan dengan faktor-faktor eksternal bahasa seperti sosiologis, politis, dan kultural, antara lain:

  1. Jenis bahasa berdasarkan sosiologis adalah standarisasi penerimaan bahasa oleh masyarakat sebagai pemakai bahasa itu sendiri terhadap seperangkat kaidah atau nomra yang menentukan penggunaan bahasa yang benar.
  2. Jenis bahasa berdasarkan sikap politik dibedakan menjadi bahasa nasional, bahasa resmi, bahasa negara, dan bahasa persatuan. Perbedan ini sangat berkaitan erat dengan kebangsaan. Bahasa resmi merupakan sistem linguistic yang digunakan dalam suatu pertemuan seperti seminar, konferensi, rapat, dan lainnya. Pada sidang internasional PBB, bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, China, dan Arab. Sedangkan, bahasa persatuan adalah bahasa yang mempersatukan suatu bangsa.
  3. Jenis bahasa berdasarkan tahap pemerolehannya adalah bahasa ibu, bahasa pertama, bahasa kedua, dan seterusnya.

Baca juga : Apa Itu Konsep ?

Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian bahasa menurut para ahli serta jenis-jenis bahasa. Semoga artikel ini bermanfaat dan semakin menambah wawasan Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close