Pendidikan

Apa Itu Pengertian Analisis : Jenis, Fungsi dan Tujuan

Analisis adalah serangkaian kegiatan mulai dari mengurai, membedakan, maupun memilah sesuatu untuk dikelompokkan sesuai jenis tertentu lalu dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya. Pengertian analisis lainnya adalah kegiatan mengamati sesuatu sedetail mungkin dengan cara menguraikan komponen pembentuk atau menyusun setiap komponen tersebut supaya bisa diteliti lebih lanjut. Kata analisis sendiri banyak digunakan dalam berbagai ilmu pengetahun, baik sosial, manajemen, ekonomi bisnis, akuntasi, ilmu bahasa, pengetahuan alam, dan bidang ilmu lainnya. Lalu, apa saja pengertian analisis lainnya? Simak ulasan berikut ini baik-baik!

Baca juga : Apa Itu Penelitian ?

Pengertian Analisis

Pengertian Analisis

Kata analisis atau analisa berasal dari Yunani Kuno, yakni “analusis” yang berarti melepaskan. Beberapa ahli pun mencoba menjelaskan pengertian analisi, yaitu:

Menurut Para Ahli

Komaruddin

Menurut Komaruddin, analisis adalah aktivitas berfikir yang menguraikan hal menjadi komponen lebih kecil sehingga tanda-tanda komponen, hubungan tiap-tiap komponen, serta fungsi komponen yang menyatu dapat dikenali.

Wiradi

Arti analisis menurut Winardi merupakan aktivitas yang terdiri dari memilah, mengurai, serta membedakan sesuatu yang digolongkan dan dikelompokkan sesuai dengan kriteria tertentu kemudian dicari makna serta kaitannya masing-masing.

Dwi Prastowo Darminto

Analisis adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan proses penelaahan bagian tersebut. Kemdian menyangkut hubungan antar bagian agar diperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti secaa keseluruhan.

Syahrul

Analisi dalam akuntnasi menurut Syahrul memiliki pengertian sebagai kegiatan melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan terjadinya perbedaan.

Mohammad Afdi Nizar

Pengertian analisis dalam akuntansi menurut Mohammad Afdi Nizar merupakan evaluasi tentang kondisi dari ayat-ayat yang memiliki hubungan dengan akuntansi.

Robert J. Schreiter

Analisis ialah “membaca” teks yang melokalisasikan berbagai tanda dan menempatkan tenda tersebut ke dalam sebuah interaksi dinamis beserta pesan-pesan yang ingin disampaikan didalamnya.

Minto Rahay

Arti analisis merupakan cara untuk membagi suatu subyek ke dalam sebuah komponen-komponen yang terdiri dari melepaskan, menanggalkan, dan menguraikan sesuatu yang sudah terikat padu.

Husein Umar

Analisis menurut Husein Umar memiliki pengertian sebagai proses kerja dari segala tahapan pekerjaan sebelum melakukan riset, kemudian didokumentasikan melalui tahapan pembuatan laporan.

Efrey Liker

Menurut Efrey Liker, analisis memiliki pengertian sebagai aktivitas mengumpulkan bukti guna menentukan sumber suatu masalah atau yang disebut akar masalah.

Anne Gregory

Analisis merupakan langkah awal dari proses perencanaan.

Hanif Al Fatta

Analisis yaitu tahap awal untuk mengembangkan sistem ke tahap fundamental untuk menentukan kualitas sistem informasi yang sedang dikembangkan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian analisis menurut KBBI adalah:

  • Penyelidikan pada suatu peristiwa (karangan atau perbuatan) guna mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab, duduk perkara, dan sebagainya)
  • Pemecahan persoalan yang dimuali dari dugaan akar kebenaran Penjabaran sesuatu setelah dikaji baik-baik sebelumnya

Kamus Akuntansi

Analisis merupakan evaluasi pada kondisi dari setiap ayat yang berhubungan dengan akuntansi dan alasan-alansan yang menyebabkan sebuah perbedaan.

Baca juga : Apa Itu Konsep ?

Jenis-Jenis Analisis

Jenis-Jenis Analisis

Terdapat beragam jenis pilihan analisis yang bisa Anda temukan. Metode yang diambil dari setiap jenis analisis pun akan berbeda. Beberapa jenis analisis tersebut adalah:

Analisis logika

Merupakan analisis pada suatu prinsip tertentu yang didasarkan pada logika dan pembelahan yang jelas antara satu dengan yang lainnya

Analisis realis

Merupakan proses analisis menggunakan urutan benda yang dijadikan sebagai dasar pemikiran. Urutan benda diperoleh dari kesatuan atau sifat dasar yang ada pada benda itu sendiri.

Baca juga : Apa Itu Obsesi ?

Fungsi dan Tujuan Analisis

Fungsi dan Tujuan Analisis

Fungsi analisis adalah mengumpulkan data-data yang berada di suatu lingkungan tertentu. Analisis sendiri bisa diterapkan di berbagai jenis lingkungan dan keadaan. Ia akan lebih optimal jika dipergunakan saat keadaan kritis dan beberapa keadaan yang membutuhkan banyak strategi. Sebab dengan analisis, Anda bisa mengetahui keadaan lingkungan saat ini dengan mendetail. Sedangkan tujuan analisis yaitu mengumpulkan data yang dipakai oleh berbagai keperluan pelaku analisis. Biasanya analisis digunakan untuk menyelesaikan krisis atau konflik maupun hanya digunakan sebagai arsip saja. Seperti dalam bidan pendidikan dimana analisis digunakan untuk melakukan penelitian berbagai subjek keilmuan.

Baca juga : Apa Itu Metode Penelitian ?

Perbedaan Analisis dan Analisa

Perbedaan Analisis dan Analisa

Manakah kata yang baku, analisis atau analisa? Manakah penulisan yang benar, analisis atau analisa? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), analisis termasuk kata baku dan benar. Namun, banyak orang yang menggunakan kata analisa karena terlanjur dianggap benar. Ada beberapa turunan analisis yang digunakan dalam sebuah tulisan. Setiap turunan memiliki arti berbeda sehingga penempatannya harus tepat. Beberapa turunan kata analisis, yakni:

  • Menganalisis adalah proses melaksanakan analisis
  • Penganalisis adalah orang yang melaksanakan analisis
  • Penganalisisan adalah proses, metode, hal, dan cara melakukan analisis

Penggunaan Kata Analisis dalam Sebuah Istilah

Penggunaan Kata Analisis dalam Sebuah Istilah

Kata analisis sering digunakan dalam berbagai bidang ilmu, mulai dari ilmu bahasa, bisnis, manajemen, ilmu kimia, dan ilmu lainnya. Berikut adalah beberapa istilah yang menggunakan kata analisi, yakni:

Istilah Analisis Dalam Bisnis

Istilah analisis yang terdapat dalam bisnis yaitu:

  • Analisis SWOT adalah metode untuk mengevaluasi kelemahan, kekuatan, peluang, ancaman, dan spekulasi sesuai dengan kepanjangannya, yakni strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (keuntungan), dan threats (ancaman). Keempat macam unsur tersebut adalah menjadi sebuah kinerja dan struktur perusahaan yang akan diteliti. Hasil dari analisis SWOT digunakan di berbagai kepentingan perusahaan seperti membantu mengatasi krisis internal atau eksternal dari perusahaan itu sendiri. Selain itu, hasil analisis menjadi pembanding perkembangan perusahaan dan sebagai patokan untuk menambah kinerja kerja serta mengembangkan produk perusahaan
  • Analisis pasar berkaitan dengan analisis pada potensi, lokasi, sifat, dan ciri-ciri pasar. Contohnya pengertian analisis jabatan adalah evaluasi kemampuan dan kepribadian seseorang berkaitan dengan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya

Istilah Analisis Dalam Bahasa

Istilah analisis yang digunakan dalam bahasa, antara lain:

  • Analisis wacana adalah cara menguraikan wacana terhadap bagian-bagian yang digunakan untuk melakukan analsisi
  • Analisis bahasa adalah penelaahan oleh pakar bahasa untuk meneliti data kebahasaan yang diperoleh dari penelitian lapangan maupun kepustakaan sehingga kesimpulan bisa didapatkan
  • Analisis deduktif merupakan penelitian kebenaan terhadap sebuah pernyataan yang menunjukkan bahwa pernyataan tersebut telah mencakup pernyataan lain yang sudah ditetapkan kebenarannya

Istilah Analisis Dalam Ilmu Kimia

Istilah analisis dalam ilmu kimia terdapat dalam dua jenis:

  • Analisis ayak yakni pemilahan zar padat menurut ukurannya dengan menggunakan alat pengayak
  • Analisis endapan merupakan pemisahan partikel berdasarkan tingkat pengendapan di dalam cairan tertentu

Istilah Analisis Dalam Kesehatan

Istilah analisis yang terdapat dalam ilmu kesehatan terdiri dari – Analisis kekebalan biasa digunakan untuk menguji kekebalan tubuh dengan memaki antigen-antibodi

  • Analisis lambung adalah pemeriksaan terhadap isi lambung organisme yang bertujuan untuk mengetahui pola makannya

Baca juga : Apa Itu Teks Laporan Hasil Observasi ?

Demikian ulasan lengkap mengenai pengertian analisis dari beberapa ahli, fungsi analisis, tujuan analisis, hingga istilah analisi yang dipakai dalam bidang tertentu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close