Umum

Anji Dipolisikan Gara – Gara Obat Covid 19!

Tahukau, – Berita terkini, Anji penyanyi dipolisikan baru – baru ini dikarenakan video kontroversinya bersama Hadi Pranoto mengenai obat covid 19.

Ketua Umum Cyber Indonesia yaitu Muannas Alaidid melaporkan musisi Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab dipanggil Anji dan Hadi Pranoto ke Polda Metro Jaya berkaitan dengan konten YouTubenya mengenai penemuan obat herbal virus corona (Covid-19).

Laporan tersebut telah diterima kepolisian dengan nomor LP/4358/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ tanggal 3 Agustus 2020 kemarin.

Pihak pelapor yaitu Muannas Alaidid, dan untuk pihak terlapor yaitu Hadi Pranoto dan pemilik akun Youtube Duniamanji.

Sesuai dengan pasal yang dilaporkan yaitu tindak pidana bidang ITE dan atau menyebarkan berita bohong Pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 45A Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 14 dan 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP.

“Semuanya yang dilaporkan termasuk Anji channel Youtubenya yang menyebarkan Pasal 28 ayat 1 ITE. Jika Hadi Pranoto berita bohongnya sesuai Pasal 14 dan 15 Undang-Undang Tahun 1946,” jelas Muannas kepada media.

Baca juga: Ngaku Temukan Obat Covid 19, Sosok Hadi Pranoto Dicemooh!

Pendapat Muannas, ada beberapa pernyataan dari Hadi yang dianggap cukup berbahaya dalam video tersebut.

Salah satunya adalah mengenai biaya rapid dan swab tes dengan metode yang ia miliki, yaitu digital technologi yang dianggap lebih efektif dengan biayanya murah yaitu Rp10 ribu sampai Rp20 ribu.

Selain pernyataan mengenai hal itu, ungkap Muannas, Hadi juga akan dilaporkan karena komentarnya mengenai obat herbal untuk Covid-19.

“Kita tahu IDI sendiri membantah tidak ada izin klinik untuk hal itu dan yang bersangkutan tidak terdaftar dalam database IDI dan diperkuat pernyataan oleh Menkes bahwa penemuan tidak jelas dan sebagainya,” jelas Muannas.

Pendapat Muannas, pernyataan itu sangat berbahaya jika sampai dipercaya oleh masyarakat. Karena, bisa berpotensi membuat masyarakat tidak lagi menerapkan protokol kesehatan ketika berkegiatan.

“Sehubungan dengan itu maka Cyber Indonesia mengambil inisiatif untuk melaporkan resmi ke SPKT Polda Metro Jaya,” ungkap Muannas.

Dalam laporan tersebut, jelas Muannas, pihaknya turut serta membawa sejumlah barang bukti. Yitu, satu USB berisi link URL konten, transkrip percakapan dan screenshot.

Baca juga: Youtuber Edo Putra ‘Prank Daging Kurban Berisi Sampah!

Sebelumnya, Anji yang mengunggah konten mengenai obat Covid-19 pada 31 Juli lalu dengan judul BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN !! (Part 1). Namun, pada Minggu (2/8) video tersebut tiba – tiba hilang dari YouTube.

Dalam video tersebut Anji berbincang dengan Hadi Pranoto yang disebut sebagai ahli mikrobiologi. Hadi mengaku jika telah menemukan obat berupa antibodi Covid-19 yang pernah menjadi perbincangan publik.

Terkait hal tersebut, pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) meragukan akan klaim seorang dokter dan juga ahli mikrobiologi bernama Hadi Pranoto yang menjelaskan sudah menemukan obat herbal Covid-19 ini.

Dan akibat video tersebut kedua sumber Anji dan Hadi Pranoto sudah dilaporkan ke pihak berwajib dan menunggu proses selanjutnya. 

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close