Teknologi

Amerika Melarang TikTok Digunakan, China Pun Meradang!

Tahukau, – Amerika melarang tiktok untuk digunakan di negara adidaya tersebut, hal ini tentu membuat para media di Cina meradang akibat hal tersebut.

Media pemerintah China menyebut jika Amerika Serikat (AS) sebagai negara jahat dan menyebut potensi penjualan perusahaan media sosial TikTok pada Microsoft sebagai “pencurian.” Media juga menambahkan jika Beijing bisa membalas jika kesepakatan itu terjadi.

Dimana Microsoft pada hari Minggu telah mengumumkan rencana untuk mengakuisisi bisnis TikTok di pasar tertentu seperti AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. 

Mengomentari masalah tersebut, Presiden Donald Trump menjelaskan jika membeli hanya sebagian dari aplikasi akan menjadi “rumit” namun dirinya masih memberi CEO Microsoft Satya Nadella jalan terus. Trump juga menambahkan jika sejumlah “uang utama” harus dibayarkan ke Departemen Keuangan AS untuk memungkinkan segala bentuk transaksi. 

Sementara pemimpin redaksi media pemerintah China Global Times, Hu Xijin, secara blak-blakan menyebut langkah tersebut sebagai perampokan secara terbuka.

Baca juga: Anji Dipolisikan Gara – Gara Obat Covid 19!

“Presiden Trump mengubah Amerika yang dahulu hebat menjadi negara yang nakal,” tjelasulis Xijin dalam editorial Global Times seperti dikutip dari media, Selasa (4/8/2020).

Dimana Global Times memuat tajuk utama yang berbunyi: “Larangan TikTok mencerminkan kepengecutan Washington.”

Tabloid dari China, yang dikelluarkan oleh surat kabar resmi dari Partai Komunis China yang berkuasa yaitu People’s Daily, menggunakan artikel tersebut untuk menuduh AS bergerak dalam melarang aplikasi tersebut karena dianggap sebagai ancaman bagi perusahaan teknologi Amerika. Artikel yang juga menyebutkan langkah serupa oleh AS untuk memblokir pembuat peralatan telekomunikasi dari China, Huawei.

“Perusahaan-perusahaan yang telah membawa perasaan krisis kepada para elit AS, dan menunjukkan jika perusahaan-perusahaan top China memiliki kemampuan untuk bergerak ke garis depan dunia dalam teknologi,” ungkap Global Times.

“Disaat hal serupa terjadi berulang kali, AS akan mengambil langkah lebih dekat dalam penurunannya. AS menjadi pelopor dalam internet global dan telah menciptakan Google, Facebook, Twitter dan YouTube. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, struktur internet AS telah kaku,” imbuhnya.

Media China lain seperti, China Daily, menyoroti pernyataan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dalam wawancara dengan Fox News yang menjelaskan jika Trump akan mengambil tindakan dalam beberapa hari mendatang bagi aplikasi tersebut. 

Pendapat China Daily, komentar yang sama saja dengan mengundang pembeli potensial AS untuk berpartisipasi dalam ‘mencuri’ teknologi China yang disetujui secara resmi.

Di sebuah editorial yang diterbitkan pada hari Minggu, surat kabar tersebut menyatakan jika China dapat membalas tindakan tersebut.

“Namun China tidak akan menerima ‘pencurian’ perusahaan teknologi China, dan ia memiliki banyak cara untuk merespons jika pemerintah melakukan penghancuran juga perebutan yang direncanakan,” ungkap China Daily.

Artikel tersebut tidak menguraikan cara bagaimana Beijing bisa merespons.

Baca juga: Heboh! Dosen Lakukan Pelecehan Seksual, Alasan Riset Swinger Di Yogya!

Langkah AS untuk melawan perusahaan teknologi China sedang terjadi karena ketegangan antara kedua ekonomi terbesar dunia itu terus meningkat. Beberapa komentator menyebut hubungan mereka sebagai “Perang Dingin baru” saat ini.

Teknologi sudah menjadi bagian penting dari perselisihan antara kedua negara tersebut, dan TikTok menjadi hal yang terbaru untuk diseret ke dalam pertarungan ini.

Aplikasi media sosial yang mungkin menjadi satu dari sedikit perusahaan China yang berhasil di pasar Amerika. Dengan perusahaan teknologi China berkembang secara global, seorang analis saat ini mengatakan kepada CNBC jika kisah TikTok menjadi bagian dari strategi Washington untuk mendorong kembali dalam upaya melawan persaingan.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close