Wisata

21+ Alat Musik Tradisional Asli Indonesia Lengkap Gambar

Indonesia terdiri dari beragam suku yang tersebar di 34 provinsi yang mana masing-masing suku memiliki kebudayaan dan ciri khas masing-masing salah satunya alat musik tradisional. Indonesia memiliki beragam alat musik tradisional yang tersebar di setiap daerah yang ada di Indonesia dimana setiap daerah pastinya memiliki alat musik tradisional yang berbeda-beda. Persebaran tersebut tidak lepas dari sejarah pada kehidupan zaman dahulu. Berbicara mengenai alat musik tradisional, ada banyak sekali alat musik tradisional Indonesia yang bahkan sampai mendunia. Nah untuk itu, berikut ini akan diulas mengenai beberapa alat musik tradisional yang ada di Indonesia bahkan ada yang terkenal sampai mendunia. Simak ulasannya di bawah ini!

21+ Alat Musik Tradisional Indonesia Bahkan Ada Yang Mendunia

1. Sarune Kale

Serune Kale

Sarune Kale merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Nangroe Aceh Darussalam yang mengeluarkan bunyi bertipe aerofon. Aerofon adalah bunyi yang berasal dari hembusan angin yang ditiupkan. Cara menggunakan alat musik ini sama halnya dengan seruling yaitu dengan cara ditiup dan untuk mengatur nada yang ada di lubang Serune Kale menggunakan jari-jari tangan.

2. Aramba

Aramba

Aramba merupakan alat musik yang berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara serupa dengan gong dari Pulau Jawa namun Aramba memiliki tipe bunyi ideofon. Ideofon yaitu bunyi yang berasal dari bahan dasarnya. Cara menggunakan alat musik tradisional ini adalah dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul khusus seperti stik.

3. Saluang

Saluang

Saluang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Minangkabau, Sumatera Barat yang hampir mirip dengan seruling namun alat musik ini lebih sederhana karena hanya memiliki empat lubang. Saluang memiliki tipe bunyi aerofon yang mana bunyi yang dihasilkan berasal dari hembusan angin. Cara menggunakan Saluang yaitu dengan cara ditiup. Lubang yang ada di Saluang digunakan untuk mengatur nada dengan bantuan jari-jari tangan. Konon, pemain alat musik Saluang ini dikatakan memiliki mantra yang dapat menghipnotis para penontonnya.

4. Gambus

Gambus

Gambus merupakan sebuah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Riau yang memiliki tipe bunyi kardofun. Kardofun adalah bunyi yang dihasilkan dari petikan dawai atau senar. Gambus identik dengan adat Melayu yang kental akan nuansa budaya Arab. Gambus memiliki 3-12 senar. Cara memainkan Gambus yaitu dengan cara dipetik dan diiringi dengan permainan alat musik Gendang.

5. Serangko

Serangko

Serangko termasuk alat musik tradisional yang berasal dari Jambi yang terbuat dari tanduk kerbau. Cara memainkan Serangko yaitu dengan cara ditiup. Permainan alat musik Serangko biasanya digunakan untuk pemberitahuan adanya masyarakat Jambi yang terkena musibah.

6. Accordion

Accordion

Accordion merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Selatan yang mana menghasilkan tipe bunyi Aerofon. Cara memainkan Accordion yaitu dengan cara ditiup dengan menggunakan kedua tangan untuk mengatur nadanya.

7. Doll

Doll

Doll merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Bengkulu yang menghasilkan tipe bunyi Membranofon. Membranofon adalah bunyi yang dihasilkan dengan cara memukul. Cara memainkan  alat musik Doll yaitu dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul.

8. Gendang Melayu

Gendang Melayu

Gendang Melayu merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kepulauan Bangka Belitung yang mana salah satu daerah yang sangat kental adat istiadatnya. Gendang Melayu dimainkan dengan cara dipukul yang menghasilkan tipe bunyi menbranofon. Biasanya Gendang Melayu digunakan untuk pelengkap komponen alat musik marawis.

9. Tebangan

Tebangan

Tebangan termasuk alat musik yang berasal dari Sumatera Selatan terutama daerah yang memiliki pengaruh kuat dari Melayu. Tebangan berbentuk seperti rebana yang dimainkan dengan cara dipukul.

10. Angklung

Angklung

Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat yang terbuat dari bambu. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Angklung termasuk salah satu alat musik yang sudah mendunia dan berhasil memukau penonton dari negara Perancis dan Amerika Serikat. Angklung telah diakui oleh UNESCO menjadi salah satu alat musik warisan Indonesia.

Baca juga : Rumah Adat

11. Gamelan

Gamelan

Gamelan merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Jawa dimana alat musik ini sangat digemari oleh musisi dunia. Lebih hebatnya lagi, alat musik Gamelan telah masuk di kurikulum beberapa sekolah di Amerika Serikat dan New Zaeland.

12. Kendang

Kendang

Kendang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Akan tetapi banyak yang mengatakan jika Kendang berasal dari Jawa Timur. Alat musik Kendang seringkali dijumpai untuk mengiringi tarian-tarian tradisional, musik jazz bahkan kontemporer. Kendang sudah banyak digunakan oleh para musisi dari Amerika Serikat sebagai alat musik pengiring. Cara memainkan alat musik ini yaitu dnegan cara dipukul.

13. Gong

Gong

Gong merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat yang memiliki ukuran cukup besar. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus yang menghasilkan tipe bunyi membranofon.

14. Rebab

Rebab

Rebab merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat yang berbentuk hampir mirip dengan busur panah. Rebab termasuk alat musik khas Sunda yang memiliki nuansa oriental yang kental. Cara memainkan alat musik Rebab yaitu dengan cara digesek.

15. Bonang

Bonang

Bonang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Jawa Timur yang sudah mendunia. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul yang akan menghasilkan tipe bunyi ideofon. Alat musik Bonang hampir digunakan di setiap acara-acara besar adat Jawa.

16. Sasando

Sasando

Sasando merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Tanah Rote, Nusa Tenggara Timur yang mana terbuat dari daun lontar. Bentuk alat musik Sasando ini hampir mirip dengan harpa yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik Sasando sudah terkenal semenjak dimainkan di konser WOW 2013 yang diselenggarakan oleh Wonderful Indonesia.

17. Tifa

Tifa

Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Maluku dan Papua yang serupa dengan Kendang namun berbentuk tube. Seringkali Tifa dihiasi dengan ukiran-ukiran khas dari Maluku dan Papua. Alat musik Tifa dimainkan dengan cara dipukul. Semenjak banyaknya turis asing yang datang ke Maluku dan Papua, Tifa menjadi terkenal bahkan turis tersebut membawa pulang alat musikTifa sebagai oleh-oleh.

Baca juga : Senjata Tradisional

18. Kolintang

Kolintang

Kolintang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah di Sulawesi Selatan. Kolintang berbentuk barisan gong kecil yang ditempatkan secara mendatar. Cara memainkan alat musik Kolintang  yaitu dengan cara dipukul. Alat musik Kolintang ternyata sudah  lama dimainkan di beberapa negara Melayu seperti Malaysia dan Filipina.

19. Panting

Panting

Panting merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan yang termasuk salah satu alat musik dari adat setempat tepatnya adat dari suku Banjar. Cara memainkan alat musim Panting yaitu dengan cara dipetik pada bagian senarnya yang mana menghasilkan tipe bunyi kordofon.

20. Kecapi

Kecapi

Kecapi merupakan alat musik tardisional yang berasal dari daerah Sulawesi Barat. Cara memainkan alat musik kecapi yaitu dengan cara dipetik yang dapat menghasilkan tipe bunyi kordofon.

21. Kompang

Kompang

Kompang merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah Lampung yang terbuat dari kulit kambing atau kayu. Cara memainkan alat musik Kompang yaitu dengan cara dipukul.

Baca juga : Alat Musik Daerah Jawa Timur

Nah itulah informasi mengenai ulasan 21+ alat musik tradisional khas Indonesia bahkan ada yang mendunia yang dapat disampaikan. Semoga apa yang diulas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda dan kita sebagai warga Indonesia sudah sepantasnya berbangga diri akan eksistensi dari beberapa alat musik tradisional yang sudah dikenal oleh dunia.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close