Wisata

√ Daftar Alat Musik Daerah Jawa Timur Beserta Penjelasannya

Indonesia adalah negara dengan berbagai macam budaya dan seni di dalamnya yang tersebar di setiap daerah. Mengapa demikian? Karena hal tersebut dipengaruhi oleh keberagaman suku dan etnis. Masing-masing daerah didiami oleh suku yang berbeda-beda. Di setiap daerah pastinya memiliki ciri khas yang menjadi pembeda dari suku lain termasuk alat musiknya. Alat musik menjadi salah satu kearifan lokal yang patut kita jaga karena saat ini perkembangan musik di Indonesia berjalan dengan pesat. Setiap daerah memiliki alat musik yang menjadi ciri khas dari daerah tersebut salah satunya daerah Jawa Timur.

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang memiliki budaya yang bersifat heterogen dimana terdapat keragaman suku dan budaya. Jawa Timur terkenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki berbagai macam destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Selain itu, Jawa Timur memiliki beberapa alat musik yang cukup beragam. Biasanya alat musik daerah Jawa Timur digunakan untuk mengiringi seni pertunjukan tari daerah.

Nah bagi Anda yang belum mengetahui atau mungkin sudah lupa mengenai apa saja alat musik yang berasal dari daerah Jawa Timur, Anda tidak perlu khawatir lagi karena di dalam artikel ini akan dipaparkan daftar alat musik daerah Jawa Timur beserta penjelasannya. Oleh karena itu, simak baik-baik ya paparannya di bawah ini!

Daftar Alat Musik Daerah Jawa Timur Beserta Penjelasannya

Daftar Alat Musik Daerah Jawa Timur Beserta Penjelasannya

Jawa Timur memiliki musik tradisional yang dapat meramaikan musik di Nusantara. Seni musik yang ada di Jawa Timur memiliki perkembangan seiring berjalannya waktu. Dulu ada masa Hindu-Budha, alat musik sering digunakan untuk upacara keagamaan. Namun seiring berkembangnya waktu, alat musik di Jawa Timur mulai digunakan dan diperluas fungsinya yaitu digunakan untuk hiburan di dalam kerajaan.

Alat musik daerah Jawa Timur memiliki instrumen musik yang khas dimana menjadi hal itulah yang membedakan dari seni musik daerah lain. seiring berjalannya waktu, saat ini instrumen musik yang dihasilkan oleh alat musik tradisional dapat digabungkan dengan beberapa genre musik modern seperti RnB, pop, EDM, Folk, dan sebagainya. Hal tersebut sebagai bentuk melestarikan kebudayaan Indonesia terutama dalam hal seni musik. Nah berikut ini akan dipaparkan beberapa alat musik daerah Jawa Timur beserta penjelasannya:

Baca juga : Senjata Tradisional

1. Alat Musik Angklung Reog

Alat Musik Angklung Reog

Biasanya alat musik ini digunakan untuk mengiringi kesenian tarian reog Ponorogo. Cara menggunakan alat musik ini yaitu dengan cara menggoyangkan tabung bambu hingga mengeluarkan suara. Bahan yang digunakan untuk pembuatan alat musik ini merupakan bambu pilihan yang dapat mengeluarkan bunyi yang keras. Angklung reog berbeda dengan jenis angklung lain yang terletak pada warna dan suaranya. Warna dari angklung reog lebih berwarna atau cerah dan suara yang dihasilkan pun sangat keras.

Baca juga : Rumah Adat

2. Alat Musik Kenong

Alat Musik Kenong

Kenong merupakan salah satu alat musik daerah Jawa Timur yang biasanya digunakan untuk mengiringi seni pertunjukan reog Ponorogo. Kenong berbentuk seperti gong kecil. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipukul dengan alat khusus. Intrumen yang dihasilkan Kenong digunakan untuk memperkuat nada. Ada dua macam variasi dari Kenong yaitu Kenong besar dan Kenong kecil dimana keduanya dapat dimainkan secara bersamaan untuk mengiringi seni pertunjukan reog Ponorogo.

3. Alat Musik Terompet Reog

Alat Musik Terompet Reog

Sama halnya dengan Kenong dan Angklung Reog, Terompet Reog atau selompret  juga merupakan salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi seni pertunjukan reog Ponorogo. Cara memainkan alat ini sama halnya dengan terompet pada umumnya yaitu dengan cara ditiup.

Keunikan dari alat musik ini terletak pada bunyi yang dihasilkan dan bentuknya. Terompet Reog menghasilkan yang dinilai sangat khas. Sedangkan bentuk alat musik ini yaitu memiliki ukuran yang besar pada bagian ujung bawah dan mengerucut kecil dua bagian yang ditiup serta  memiliki sekat yang terbuat dari tempurung kelapa yang memiliki bentuk seperti kumis dari sang peniup terompet dengan 6 lubang yang berfungsi untuk mengatur nada dan 1 lubang yang dipakai untuk meniup.

4. Angklung Caruk

Angklung Caruk

Angklung Caruk merupakan salah satu alat musik yang berasal dari Jawa Timur tepatnya daerah Banyuwangi. Kata “Caruk” atau “Carok” memiliki makna yaitu perlombaan atau pertarungan sehingga biasanya pertunjukan dari kesenian Angklung Caruk ini diikuti oleh 2 (dua) kelompok. Angklung Caruk terbuat dari tabung bambu yang dimainkan dengan cara yang cukup unik. Pertunjukan Angklung Caruk tidak hanya menampilkan seni musiknya saja, biasanya juga menampilkan beberapa tarian daerah yang ada di Banyuwangi.

5. Alat Musik Bonang

Alat Musik Bonang

Selain berkembang di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengan, alat musik Bonang juga berkembang di Jawa Timur. Bonang terdiri dari kumpulan beberapa gong yang berukuran kecil yang disusun secara horizontal ke string dalam bingkai kayu baik terdiri dari satu maupun dua baris dan masing-masing dari gong tersebut memiliki tangga nada yang berbeda.

Alat musik Bonang biasanya dibuat dari beberapa jenis bahan seperti perunggu, kuningan, dan besi. Cara menggunakan alat musik ini yaitu dengan cara memukul bagian yang menonjol pada bonang yang disebut pencon dengan menggunakan alat pemukul Bonang yang terbuat dari kayu dilapisi dengan kain pada ujungnya yang disebut dengan Bindhi.

6. Alat Musik Kempul

Alat Musik Kempul

Kempul merupakan alat musik daerah Jawa Timur yang memiliki bentuk seperti gendang. Perbedaannya terletak pada suara yang dihasilkan. Kempul menghasilkan suara yang lebih berat daripada gendang. Kempul terbuat dari kayu dan pada bagian tabuhannya terbuat dari kulit hewan. Kempul dimainkan dengan cara memukul membran kulit binatang dan instrumen yang dihasilkan tergantung dari pemain yang menjadi penabuh Kempul.

7. Alat Musik Suling Bambu

Alat Musik Suling Bambu

Suling Bambu merupakan salah satu alat musik Jawa Timur yang dimainkan dengan cara ditiup dan menghasilkan bunyi yang khas. Cara memainkan alat musik ini membutuhkan teknik khusu untuk mencapai nada-nada tertentu. Suling Bambu memiliki enam lubang yang ada di depan dan satu lubang berada di bagian belakang.

8. Alat Musik Gamelan

Alat Musik Gamelan

Gamelan merupakan salah satu alat musik daerah Jawa Timur yang terkenal sebagai penghasil alunan musik yang indah. Gamelan dimainkan dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan bentuk dari alat musik Gamelan itu sendiri. Cara memainkan alat musik ini di bagi ke dalam empat kelompok yaitu:

  • Idiophone : alat musik bagian dari gamelan yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh dengan menggunakan tongkat yang terbuat dari kayu. Umumnya gamelan yang dimainkan dengan cara dipukul bentuknya pencon dan bilahan
  • Aerophones : alat musik bagian dari gamelan yang dimainkan dengan cara ditiup
  • Chordophones : alat musik bagian dari gamelan yang dimainkan dengan cara digesek.
  • Membranophones : alat musik bagian dari gamelan yang dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul. Biasanya terbuat dari kulit hewan.

9. Alat Musik Kethuk Esri

Alat Musik Kethuk Esri

Kethuk Esri merupakan alat musik daerah Jawa Timur yang memiliki bentuk yang sama seperti gong. Jumlah alat musik ini ada dua buah. Kethuk Esri dimainkan dengan cara dipukul pada bagian yang menonjol dan menghasilkan suara yang rendah. Kethuk Esri terbuat dari bahan logam.

10. Alat Musik Saronen

Alat Musik Saronen

Saronen termasuk alat musik yang berasal dari Jawa Timur tepatnya daerah Madura yang memiliki panjang sekitar 40 cm dengan tujuh buah lubang yang mana enam lubang berderetan di depan dan satu lubang berada di deretan belakang. Saronen dimainkan dengan cara ditiup seperti halnya seruling dimana alat musik ini menghasilkan suara yang keras dan nyaring.

11. Alat Musik Ul Dhaul

Alat Musik Ul Dhaul

Ul Dhaul merupakan alat musik perkusi yang berasal dari Jawa Timur tepatnya daerah Sumenep, Madura. Ul Dhaul dimainkan dengan cara ditabuh yang biasanya digunakan untuk mengiringi seni pertunjukan tarian di Madura dan sebagainya.

12. Alat Musik Tong-Tong atau Kentongan

Alat Musik Tong-Tong atau Kentongan

Tong-Tong atau Kentongan juga termasuk salah satu alat musik yang berasal dari Madura dimana biasanya alat musik ini digunakan untuk melakukan pengamanan di lingkungan masyarakat. Biasanya alat musik ini ada di pos kamling. Tong-Tong atau Kentongan dibagi menjadi tiga kategori yaitu Tong-Tong atau Kentongan yang menghasilkan suara tinggi, sedang, dan rendah. Tong-Tong atau Kentongan ternyata juga dapat digunakan untuk acara karapan sapi.

13. Alat Musik Kluncing

Alat Musik Kluncing

Kluncing merupakan sebuah alat musik dari daerah Jawa Timur yang berbentuk seperti alat musik triangel. Hal itu dikarenakan adanya pengaruh dari masuknya budaya Eropa ke Indonesia. Alat musik ini terbuat dari logam yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pemukul khas Kluncing.

Nah itulah informasi mengenai daftar alat musik daerah Jawa Timur beserta penjelasannya. Semoga apa yang dibahas di dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda terutama bagi Anda yang ingin mengetahui alat musik dari daerah Jawa Timur.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close