Kesehatan

Alasan Vaksin Covid 19 Asal Cina Di Uji Di Indonesia!

Tahukau, – Alasan vaksin covid 19 asal Cina di uji di Indonesia, beberapa alasan dibalik uji coba berdasarkan liputan dari sumber yaitu Bio Farma.

Perusahaan Bio Farma belakangan ini akan melakukan uji coba klinis fase 3 dari vaksin corona yang dikembangkan oleh perusahaan China, yaitu Sinovac Biotech. Lalu pertanyaannya kenapa vaksin corona dari China tersebut diuji di Indonesia?.

Sekretaris Perusahaan Bio Farma yaitu Bambang Heriyanto menjelaskan uji klinis kandidat vaksin atau obat di berbagai negara adalah sesuatu hal yang biasa dalam dunia riset dan anggota World Healt Organization (WHO).

“Sebetulnya dalam uji klinis vaksin Sinovac tidak hanya di Indonesia, hal ini di lakukan juga di Brazil, Tukri, Bangladesh dan Chili. Jadi ada juga beberapa negara yang melakukan uji klinis fase 3 dan fase 1, 2 ini dilakukan di China,” jelasnya seperti dikutip dari media, Jumat (31/7/2020).

Lebih lanjut lagi, disebutkan jika di China sudah melakukam fase 1 dan 2. Sedangkan untuk fase 3 tidak bisa dilakukan dikarenakan tingkat pandemi di China sudah menurun sehingga tidak bisa terlihat nanti hasilnya.

Baca juga: Carut Marut Pandemi Covid 19, Lebih Dari 100,000 Kasus 5 Bulan Terakhir!

“Di China sudah dilakukan uji coba fase 1 dan 2, dan fase 3 kebetulan di China tingkat pandemi sudah menurun dan kami mau melihat khasiat vaksin itu sendiri.  Selain melihat kekebalan kami juga mau melihat antibodi. Suntik vaksin kan keluar antibodi apakah sudah oke atau tidak, namun harus lihat  apakah orang yang di vaksin sehat atau tidak. Di Cina tingkat pandemi sudah menurun maka dicari yang masih tinggi dan salah satunya adalah di Indonesia,” jelas dirinya.


Terkait untuk kerjasama ini, Biofarma juga menjelaskan jika Sinovac adalah salah satu vaksin yang paling cepat memasuki fase 3 menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini.

Baca juga: Waspada!, Lonjakan Klaster Baru Covid 19, Terbanyak Perkantoran PT. Antam, Tbk

“Sinovac termasuk paling  cepat dalam memasuki fase 3 ini. Lalu ada AstraZeneca dari Inggris, Moderna dari AS, ada Cansion dari China  dan paling cepat dari WHO  Sinovac dan kedua AstraZeneca,” paparnya.

Adapun alasan lainnya, karena vaksin China di uji Indonesia adanya kemudahan kapabilitas juga kapasitasnya ke negara tersebut dan pengalaman kerjasama sebelumnya. Juga kesamaan standarisasi bersama Biofarma.

“Sinovac ini memiliki standar sama dengan Biofarma juga platform teknologi yang digunakan sudah kami biasa gunakan. Sehingga kami putuskan kerjasama dengan Sinovac. Dimana kita beruntung memiliki akses yang mudah kesana. Negara lain jika ada wabah, mereka akan pikirkan diri sendiri dahulu,” jelasnya.

Vaksin Sinovac akan diuji cobakan mulai bulan Agustus pada 1.620 relawan. Pada 20 Juli lalu vaksin Sinovac ada sebanyak 2.400 unit sudah tiba di Indonesia. Uji ini akan dilakukan dalam waktu 6 bulan mendatang.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close