Teknologi
Trending

91JT Akun Tokopedia Jebol, Buruan Ganti Password

Semakin berkembangnya teknologi tentu saja memberikan kemudahan bagi manusia. Semuanya sudah bisa dilakukan hanya dengan smartphone saja. Mulai dari bekerja, belajar belanja bisa dilakukan lewat smartphone. Namun yang menjadi ancaman dari kemudahan teknologi ini adalah sangat rentan terjadi pembobolan data atau pencurian data diri kita oleh hacker. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini dimana Tokopedia dihack oleh hacker dengan mengambil database pengguna Tokopedia tersebut.

BACA JUGA: Tutorial Video Call Whatsapp 8 Orang

Baru-baru ini dunia media sosial dihebohkan dengan berita dari Tokopedia berhasil dihack atau diretas oleh hacker dari luar negeri, dimana hacker tersebut berhasil mendapatkan isi database Tokopedia mulai dari nama, alamat, email, nomor hp yang bisa berpotensi untuk dimanfaatkan oleh hacker.

Dikabarkan lebih dari 15 juta informasi pengguna dari Tokopedia berhasil bocor dan disebarkan oleh hacker di Internet. Tentu saja kabar ini membuat heboh dunia sosial media di Indonesia. Awalnya kabar ini datang dari postingan user di twitter dengan nama @underthebreach yang mengatakan jika Tokopedia mengalami kebocoran database. Setidaknya ada lebih dari 15 juta data yang berhasil didapatkan oleh hacker mulai dari email, nama dan juga password hashes.

BACA JUGA: Motor Listrik Terbaru Di Indonesia Tahun 2020

Database Tokopedia Dihack Dibagikan Ke Forum Darkweb

Sebenarnya kebocoran data dari Tokopedia ini sudah sejak bulan Maret lalu. Dan 15 juta data dari pengguna Tokopedia ini sudah dibagikan di beberapa forum darkweb, bahkan tadi saja juga melihat database Tokopedia yang berhasil didapatkan ini dijual dengan harga 5000 dollar amerika.

Perlu kita ketahui jika nama Tokopedia sendiri sudah menjadi salah satu situs E-Commerce atau marketplace yang sudah ada di Indonesia sejak tahun 2009 lalu. Selain itu Tokopedia sendiri juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai Unicorn Indonesia, sama seperti Gojek dan juga Ovo. Jadi tidak heran jika kenapa sampai ada hacker yang membobol database Tokopedia, karena sudah pasti database Tokopedia ini laku dan berharga di forum-forum darkweb.

Apa Yang Harus Dilakukan Pada Akun Tokopedia?

Mendengar kabar naiknya dari 15 juta sampai 91 juta database pengguna Tokopedia dihack tentu saja membuat kita semua para pengguna marketplace ini menjadi was-was apakah data kita termasuk ke dalam data yang dihack tersebut. Karena kita sendiri juga tidak bisa mengetahui apakah data kita termasuk ke dalam data yang dihack tersebut setidaknya kita bisa mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dengan melakukan beberapa cara dibawah ini.

  • Ganti password dengan fitur generate password, kemudian simpan password dengan password manager.
  • Aktifkan OTP atau verifikasi 2 langkah untuk login di akun Tokopedia.
  • Selalu cek apakah akun kita bocor dengan layanan dari havibeenpwned.com
  • Ganti password email yang kita gunakan pada akun Tokopedia.
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close