Wisata

Lokasi Tempat Wisata Air Terjun Sri Gethuk

Tahukau.com – Kali ini kita akan membahas tempat wisata dari Gunung Kidul, yaitu wisata air terjun Sri Gethuk. Tempat wisata air terjun Sri Gethuk merupakan salah satu air terjun terfavorit dan popular di antara tempat tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Pengunjung tempat wisata ini selain dari Yogyakarta banyak juga dari wilayah luar kota.

Kabupaten Gunung Kidul ini dulunya terkenal dengan daerahnya yang identik dengan daerah yang kekeringan, hutan yang gundul, tanah tandus dan berbatu. Tapi saat ini kesan tersebut sudah menghilang terbawa angin dan rimbunnya pohon pohon hutan yang ditanam oleh masyarakat. Pohon pohon tersebut telah tumbuh dan menutupi berbagai tanah yang dahulunya merupakan tanah kosong dan tandus. Pohon yang tumbuh ini diantaranya adalah pohon jati, dan mahoni begitu juga mendominasi selain kelapa, rambutanm sengon, dan lain lain.

BACA JUGA: Panorama Air Terjun Tiup Kelep Lombok

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung kidul

Jika anda menjadikan air terjun sri gethuk gunung kidul sebagai salah satu tempat yang akan anda kunjungi, maka sebelumnya ketahui dulu ya lokasi wisata berada di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau sobat pernah nih berkunjung ke wisata Geoforest Watu Payung Turunan Gunungkidul, itu loh salah satu wisata hits Gunung kidul menampilkan keindahan area pegunungan serta dengan berbagai gardu pandang kece, cocok dijadikan lokasi menyaksikan sunset. Jarak lokasi wisata Geoforest Watu Payung ke lokasi wisata sekitar 15 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 28 menit. Berikut peta navigasi wisata mungkin bisa membantu dalam menemukan objek wisata.

BACA JUGA: Pantai di Gunung Kidul

Rute air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul jika dari kota Yogyakarta, sobat menuju ke Kecamatan Wonosari, dilanjutkan perjalanan ke Kecamatan Pathuk Gunung Kidul. Sesampai di Pathuk lurus saja sampai menemukan pertigaan Gading, lalu belok ke kanan ambil ke arah Playen. Sesampai di Playen ambil arah ke kanan menuju ke kecamatan Palihan. Setelah di Palihan sobat bakal mendapati papan petunjuk arah ke lokasi air terjun Sri Gethuk. Ikuti setiap petunjuk arah, kurang lebih tujuh kilometer, barulah sampai di lokasi wisata.

Ketika perjalanan menuju ke lokasi wisata, sobat tak dibuat bosan selama perjalanan. Lantaran sobat bakal melewati sebuah area hutan kayu putih miliki pemerintahan PERHUTANI, setelah ladang kayu putih berlalu. Bakal disuguhkan pemandangan kayu jati yang rapat seiring terus berlalunya perjalanan. Kondisi jalan pun beragam dari jalan beraspal bagus hingga jalan jalan makadam.

Saat sesampai ditempat parkir sekaligus areal pemancingan. Pengunjung memilih dua rute menuju ke pusat wisata air terjun. Pertama menyusuri jalan setapak sambil melewati keindahan pemandangan sawah yang hijau dan barisan pohon kelapa. Dan yang kedua adalah dengan naik perahu atau rakit melawan arus sungai Oya.