Wisata

Air Terjun di Jawa Timur Dengan Pesona Alam yang Indah

Tahukau.comAir Terjun di Jawa Timur – Dengan bentang alam Indonesia yang memang cukup beragam, maka aka nada banyak pilihan bagi anda untuk pergi berwisata. Indonesia memang terkenal sebagai salah satu negara dengan pesona alam yang beragam.

Anda bisa menemukan gunung, lautan, perkebunan bahkan ratusan gua dan air terjun yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Salah satu wisata yang cukup populer dan diminati di Indonesia adalah wisata Air Terjun.

Untuk mencapai air terjun memang tidak begitu mudah. Rata – rata letaknya yang ada di kaki gunung atau lereng gunung menyebabkan kita harus berjalan atau melewati jalur yang cukup sulit untuk bisa menikmati keindahan air terjun.

Air Terjun di Jawa Timur

Air Terjun di Jawa Timur

Salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya dan menjadi destinasi bagi wisatawan local maupun mancanegara adalah Provinsi Jawa Timur. Provinsi di jawa ini memang memiliki cukup banyak kelebihan dan menyimpan berjuta pesona keindahan alam.

Di jawa timur anda bisa menemukan gunung yang sudah melegendaris keindahanny, yaitu gunung Bromo dan masih banyak gunung lain seperti Gunung Semeru. Tak hanya gunung, anda juga bisa menikmati indahnya pantai di Jawa Timur, seperti Pantai Bale Kambang, Pantai Pulau Merah dan masih banyak lainnya.

Pesona alam lain yang bisa anda dapatkan di Jawa Timur tentu saja adalah Air Terjun. Anda bisa menemukan banyak air terjun yang cantik di daerah Jawa Timur. Dan pada artikel berikut, kita akan membahas mengenai Air Terjun terbaik yang ada di Provinisi Jawa Timur. Yuk langsung saja!

Baca juga : Air Terjun di Bali

The Little Niagara

The Little Niagara

Apakah anda sudah pernah mendengar nama air terjun Niagara yang teletak di Amerika Utara? Atau anda pernah melihat gambar atau videonya? Jika ya pasti anda tahu bagaimana menakjubkannya Air terjun terbesar di Dunia tersebut.

Siapa sangka, di Indonesia  tepatnya di kota bondowoso Jawa Timur anda juga bisa menemukan air terjun yang memiliki pemandangan sangat mirip dengan air terjun Niagara tersebut. Air terjun yang terletang di kaki lereng gunung ijen ini memang sangat mirip dan tentu memiliki pesona yang luar biasa.

Anda mungkin membutuhkan usaha dan tenaga ekstra untuk bisa menikmati keindahan alam yang diciptakan tuhan ini. itu karena, letaknya memang cukup tersembunyi dan anda perlu melewati hutan serta jalanan yang berbatu.

Air terjun ini dinamai sesuai dengan Niagara karena memang sangat mirip namun dengan ukuran yang lebih kecil. air terjun ini bisa anda nikmati kapanpun dan selama apapun karena memang dibuka selama 24 jam. Dan untuk masuk anda hanya perlu membayar tak lebih dari Rp.5000 per orang.

Baca juga : Wisata di Probolinggo

Coba Rondo

Coba Rondo

Selanjutnya, pasti anda sudah sering mendengar namanya. Coban Rondo memang salah satu air terjun yang terkenal terutama di antara masyarakat Jawa Timur. Namanya yang mudah di ingat dan legenda yang melekat memang menjadi salah satu daya tarik dari wisata yang satu ini.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 84 meter ini terletak di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur. Anda bisa mengakses tempat ini dengan mudah karena memang fasilitas serta jalan menuju Coba rondo telah di bangun untuk kenyamanan pengunjung.

Anda juga bisa menikmati wahan lain di lokasi ini salah satunya adalah dengan mencoba kebuh labirin. Anda bisa masuk ke kebun labirin dan mencoba mencari jalan keluar dari tempat ini. tak hanya itu, anda juga bisa mencoba memberi makan rusa yang dipelihara di area ini. dengan membeli makanan yang telah disediakan, anda bisa merasakan sensasi memberi makan rusa secara langsung.

Anda bisa menjangkau tempat ini dengan kendaraan pribadi maupun umum. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, anda harus membayar tiket sebesar Rp. 30.000 per orang dan Rp.35.000 untuk pengunjung mancanegara. Lebih menariknya, lokasi wisata ini dibuka 24 jam, jadi anda tidak perlu khawatir akan diusir. Namun, karena merupakan air terjun maka anda akan diperingatkan untuk segera meninggalkan area ini ketika terlihat mendung atau gerimis.

Baca juga : Wisata di Bandung

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

Air terjun lain yang masih sangat asri dan terjaga adalah Air terjun Madakaripura yang terletak di kota probolinggo. Air terjun ini memang masih belum terjamah karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Air terjun yang merupakan tempat bertapa Mahapatig gadjah Mada ini memang merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur dan tertinggi kedua di Indonesia yaitu dengan ketinggian 200 meter.

Disekitar air terjun, anda juga akan menemukan ngarai dan curug – curug kecil yang menambah indah pemandangan. Untuk mencapai lokasi ini, anda hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua kemudian berjalan sekitar setengah jam.

Untuk harga tiketnya sendiri, anda tidak perlu khawatir, karena anda hanya cukup membayar Rp.11.000 pada hari biasa dan Rp.13.000 pada hari libur. Biasanya wisatawan yang mengunjungi Bromo dan penanjakan tidak akan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi air terjun ini karena memang tempatnya berdekatan. Air terjun ini dibuka mulai pukul 07.00 hingga 16.00 karena memang tempatnya yang cukup tersembunyi.

Baca juga : Wisata di Malang

Air Terjun Putri Nglirip

Air Terjun Putri Nglirip

Selanjutnya, air terjun penuh mitos lainnya yang ada di Tuban yaitu Air Terjun Putri Nglirip. Air terjun yang cukup eksotis dengan air yang berwarna tosca ini memang cukup disukai oleh masyarakat jawa Timur. Apalagi dengan lokasi nya yang cukup mudah dijangkau, maka tak heran jika air terjun satu ini selalu ramai pengunjung.

Air terjun ini memang memiliki mitos mengenai putrid nglirip yang tidak suka jika ada pasangan yang belum menikah berlibur ditempat ini, seperti halnya di Coban Rondo. Namun, semua itu hanya mitos bisa dipercaya maupun tidak.

Untuk masuk lokasi, anda cukup membayar tiket seharga Rp.5000 rupiah per orang. Dan anda juga bisa menikmati kuliner disekitar air terjun yaitu Rujak yang menjadi khas daerah tuban hingga paciran. Jika anda lelah bermain air, tentu akan menyenangkan untuk menyantap Rujak.

Baca juga : Wisata di Banyuwangi

Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu

Selanjutnya, masih ada air terjun lain yang memiliki pemandangan sangat mirip dengan Niagara. Yaitu air terjun tumpak sewu yang terletak di kabupaten Lumajang, jawa Timur. Jika anda pernah menonto program televise My Trip My Adventure, tentu anda sudah pernah menyaksikan Air terjun ini di ulas.

Karena lokasinya yang cukup sulit ditempuh, biasanya wisatawan hanya akanmenyaksikan keindahanya dari atas tebing. Sedangkan bagi para petualang, mereka akan menyusuri tebing demi sampai di air terjun indah ini.

Untuk tiket masuknya, anda hanya perlu membayar Rp.10.000 per orang. Dan harus diingat anda tidak bisa mengendarai kendaraan umum untuk sampai ditempat ini.

Demikian dalah sebagian kecil air terjun yang ada di Jawa Timur. Selain kelima air terjun diatas, anda masih bisa mengunjungi air terjun lainnya seperti air terun DLundung, anjasmoro, Cuban pelangi dan masih banyak lainnya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close