6 Olahraga Permainan Bola Kecil Yang Paling Banyak Digemari

  • Whatsapp

Tahukau.com – 6 Olahraga Permainan Bola Kecil Yang Paling Banyak Digemari – Dalam olahraga terdapat banyak bidang yang mana salah satunya yakni berhubungan dengan bola. Cabang olahraga menggunakan bola ini ada yang besar dan kecil. Permainan bola kecil adalah permainan yang termasuk dalam cabang olahraga dan menggunakan bola berukuran kecil sebagai alat utamanya.

Dalam permainan Bola Kecil ini terdapat aturan-aturan cara main yang cenderung baku dan durasi permainan juga terbatas. Permainan ini sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan kecepatan, kekuatan, kelincahan, daya tahan otot, oordinasi, kelentukan, dan baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung.

Bahkan, beberapa jenis permainan bola kecil seperti tenis lapangan, tenis meja, billiard, dan sejenisnya masih banyak diminati oleh kalangan masyarakat bahkan diperlombakan baik dalam tingkat nasional maupun internasional.

Nah berikut dibawah ini ada 6 Olahraga Permainan Bola Kecil Yang Paling Banyak Digemari yang akan Mimin bahas pada ulasan kali ini. Penasaran apa saja Permanian Bola Kecil Yang Paling Banyak Digemari tersbut? Maka dari itu marik simak ulasan ini sampai selesai.

6 Olahraga Permainan Bola Kecil Yang Paling Banyak Digemari

Mungkin sebagian besar cabang olahraga ini sudah kalian kenal sebelumnya, malahan pernah memainkannya. Simak berbagai macam permainan bola kecil di bawah ini :

1. Golf

Permainan Golf

Golf merupakan salah satu cabang olahraga dari permainan bola kecil, yang tujuannya buat memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang udah ditentukan memakai stik golf sebagai pemukulnya.

Ada beberapa peraturan – peraturan didalam permainan golf, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Pukulan pertama, buat memulai pertandingan harus dilakukan dari teeing ground.
  • Dalam olahraga golf, yang jadi pemenangnya yaitu pemain yang memasukkan bola dengan pukulan paling sedikit.
  • Setiap melakukan pukulan, para pemain golf harus berjalan buat melakukan pukulan selanjutnya.
  • Pemain bisa menganggap bolanya gak bisa dimainkan dalam posisi apapun di dalam lapangan.
  • Kalo mendapatkan pinalty, kamu diperbolehkan mengangkat, membersihkan, bahkan mengganti bola.

Bola gofl ini berdiameter minimum adalah sekitar 42,67 mm dan harus bermassa lebih dari 45,93 gram.

2. Bulu Tangkis

Permainan Bulu Tangkis

Bulu Tangkis memang menjadi olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sendiri merasa bahwa bulu tangkis adalah olahraga yang mudah untuk dimainkan.

Lapangan bulu tangkis tersebut pun dibagi menjadi dua dengan pembatas net. Selain itu terdapat juga wilayah untuk atlet melakukan servis dengan bentuk persegi berukuran 1,98 meter dari net. Sementara untuk nomor ganda, servis berjarak 0,76 meter dari garis belakang.

Untuk ukuran net, ketinggiannya diharuskan mencapai 1,55 meter dari pinggir dan 1,542 meter di tengah lapangan. Jaring net sendiri diwajibkan untuk berwarna gelap, kecuali bibir net yang diharuskan berwarna putih.

3. Tenis Meja

Permainan Tenis Meja

Tenis meja adalah cabang olahraga yang dilakukan oleh dua orang pemain (tunggal) atau dua pasang pemain (ganda) secara berhadapan dengan menggunakan bola kecil, bet dari kayu yang dilapisi karet, dan lapangan permainan berupa meja.

Peralatan Permainan

1. RAKET

  1. Ukuran, berat dan bentuk raket tidak ditentukan, tetapi daun raket harus datar dan kaku.
  2. Daun raket minimal 85 % terbuat dari kayu diukur dari ketebalannya; lapisan perekat di dalam kayu dapat diperkuat dengan bahan yang berserat seperti serat karbon (carbon fibre) atau serat kaca (glass fibre) atau bahan kertas yang dipadatkan, namun bahan tersebut tidak boleh lebih dari 7,5 % dari total ketebalan atau berukuran 0,35 mm, yang lebih tipis yang dipakai sebagai acuan.
  3. Sisi daun raket yang digunakan untuk memukul bola harus ditutupi oleh karet licin/halus maupun bintik, bila menggunakan karet bintik yang menonjol ke luar (tanpa spons) maka ketebalan karet termasuk lapisan lem perekat tidak boleh lebih dari 2.0 mm, atau jika menggunakan karet lapis (karet + spons) dengan bintik di dalamnya menghadap keluar atau ke dalam maka ketebalannya tidak boleh lebih dari 4.0 mm sudah termasuk dengan lem perekat.
  4. Pada permulaan permainan dan kapan saja pemain menukar raketnya selama permainan berlangsung, seorang pemain harus menunjukkan raketnya pada lawannya dan pada wasit dan harus mengijinkan wasit dan lawannya untuk memeriksa/ mencobanya.

2. BOLA

Bola tenis meja berdiameter 40 mm berat 2,7 gram. Biasanya berwarana putih atau oranye dan terbuat dari bahan selulosa yang ringan. Pantulan bola yang baik apabila dijatuhkan dari ketinggian 30,5 cm akan menghasilkan ketinggian pantulan pertama antara 23–26 cm. Pada bola tenis meja biasanya ada tanda bintang dari bintang 1 hingga bintang 3, dan tanda bintang 3 inilah yang menunjukan kualitas tertinggi dari bola tersebut dan biasanya digunakan dalam turnamen-turnamen resmi.

4. Bola Kasti

Permainan Bola Kasti

Permainan bola kasti merupakan salah satu Permainan Bola Kecil yang mudah dan murah sehingga disukai banyak orang. Namun, perlu diingat bahwa permainan bola kasti berbeda dengan softball atau baseball. Hal utama yang menjadi pembeda adalah penggunaan bola tenis di dalam permainan.

Ukuran lapangan kasti adalah 70 x 40 meter dan 10 meter untuk bagian ruang tunggunya. Sama seperti olahraga permainan lain, harus ada 1 wasit yang memimpin dan biasanya dibantu 3 orang penjaga garis, dan 1 orang pencatat waktu. Permainan terdiri dari dua babak yang masing-masing berdurasi 20 – 30 menit dengan jeda istirahat 15 menit.

Di dalam permaian bola kasti, kita akan membutuhkan kerjasama dalam setiap tim serta mengemban rasa tanggung jawab antara individu. Dan yang tak kalah penting, di dalam sepanjang pertandingan juga harus selalu menjunjung tinggi sportifitas. Sebelum melakukan permainan, tentukan terlebih dahulu dua regu atau tim yang akan bertanding dengan jumlah setiap regunya masing-masing 12 orang.

5. Tenis Lapangan

Permaiinan Tenis Lapangan

merupakan salah satu olahraga yang menggunakan bola kecil dalam permainannya. Tenis lapangan adalah sebuah permainan dengan menggunakan raket sebagai alat pemukul bola hingga melewati net.

Tenis lapangan ini juga pada umumnya memiliki pemain antara dua pemain atau bisa juga dengan dua pasangan masing-masing antara pemain hal ini menggunakan untuk memukul bola pada karet.

Lapangan Tenis

A. Memiliki Lapangan yang berbentuk

  • Ukuran panjang mencapai 23,77 m
  • Ukuran lebar mencapai 8,23 m
  • Ukuran untuk tunggal (single)
  • Ukuran panjang 23,77 m
  • Ukuran lebar 10,97 m (ganda)

B. Raket

  • Menggunakan raket yang ringan 1,5 ons–12,62 ons
  • Berat 14,5 ons–15 ons
  • Sedang 12,62 ons–14,5 ons

C. Bola

  • Memiliki garis tengah dengan ukuran 63,50 mm–66,67 mm
  • Memiliki beratnya dengan ukuran 56,70 gr–58,48 gr.

E. Net (jaring)

  • Dengan ketiggian mencapai 910 mm dari tanah
  • Di buat dengan anyaman tali nilon

Adapun tata cara dalam bermain tenis lapangan yang harus kalian ketahui adalah:

  • Setiap set terdiri atas 3 set.
  • Pemenang dalam set adalah yang berhasil menang dengan 2 kali kemenangan.
  • Setiap set terdiri atas 6 game.
  • Jika 6/6 atau seimbang, yang berhasil mencapai 7 game yeng berhasil menang.
  • Permainan diselingi dengan aturan seperti : 15, 30, 40.
  • Jika poin 40/40 maka akan terjadi douce.
  • Permainan akan berakhir setelah kemenangan salah satu pemain.
  • Sepak takraw merupakan olahraga asli Melayu (Indonesia dan Malaysia) yang kemudian meluas sampai Semenanjung Indo-Cina (Filipina, Myanmar, Thailand dan Cina). Sepak takraw di Indonesia dan Malaysia mulai dimainkan pada abab ke VX dengan nama Sepak Raga, sedangkan di Filipina disebut Sipa, di Myanmar disebut Chin Loong, di Thailand disebut Takraw dan di Cina disebut Teng Chew.

Sepak takraw

merupakan olahraga permainan menggunakan bola terbuat dari rotan yang dimainkan menggunakan kaki dan semua anggota badan kecuali tangan, permainan dilakukan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari tiga orang di lapangan berbentuk persegi panjang yang di bagian tengah lapangan dibatasi sebuah jaring/net. Salah satu regu dinyatakan menang jika berhasil memasukkan atau mengembalikan bola sedemikian rupa sehingga bola dapat jatuh di lapangan lawan tanpa bisa dikembalikan.

Peralatan dan Perlengkapan Sepak Takraw

1. Bola Sepak Takraw

Bola dalam sepak takraw juga ada ukuran dan ketentuannya, yaitu:

  • Bola mempunyai bentuk yang bulat dan terbuat dari bahan rotan atau plastik sintetis (synthetic fibre).
  • Berat bola antara 170 sampai 180 gram buat pemain putra dan 150 sampai 160 gram buat pemain putri.
  • Lingkaran keliling bola berukuran 42 sampai 44 cm buat pemain putra dan 43 sampai 45 buat pemain putri terdiri dari 9 sampai 11 anyaman (strains) dan mempunyai 12 lubang.

2. Pemain Sepak Takraw

Susunan dan juga nama pemain dalam permainan sepak takraw, diantaranya sebagai berikut:

  • Dimainkan oleh 2 tim, dimana masing-masing dimainkan oleh 3 orang pesepak, yang dilengkapi dengan 2 orang cadangan.
  • Satu tim terdiri dari atas 3 regu dan jumlah dari pemain dalam satu tim gak boleh lebih dari 12 orang.
  • Pemain yang berdiri di belakang disebut sebagai tekong dan pemain depan disebut sebagai apit (apit kiri dan kanan).

Akhir Kata

Demikianlah ulasan yang dapat Mimin bagikan mengenai 6 Olahraga Permainan Bola Kecil Yang Paling Banyak Diminati, mudah – mudahan ulasan diatas dapat bermanfaaat bagi kalian semua. Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :
1. 6 Olahraga Permainan Bola Besar Yang Paling Banyak Diminati
2. 9 Rekomendasi Merk Pomade Terbaik Yang Bagus Untuk Rambut
3. Daftar Harga Terbaru Dan Promo Burger King Februari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *