Campuran

6 Olahraga Permainan Bola Besar Yang Paling Banyak Diminati

Tahukau.com – 6 Olahraga Permainan Bola Besar Yang Paling Banyak Diminati – Olahraga sangat dibutuhkan bagi setiap orang agar tubuh bisa tetap bugar dan sehat. Masing-masing orang punya selera yang berbeda, begitu juga olahraga, mereka pasti punya olahraga yang mereka sukai.

Di dunia olahraga terdapat beberapa olahraga permainan, ada diantaranya olahraga permainan menggunakan bola sebagai alatnya. Permainan bola ini juga dibagi menjadi 2 antara lain permainan bola kecil dan bola besar. Permainan bola besar adalah permainan yang biasa dilakukan menggunakan ukuran bola yang besar dan anggota tubuh sebagai penggeraknya.

Baca Juga : 6 Aplikasi Antivirus terbaik Untuk Hp Android Januari 2021

Dan, untuk permainan bola besar biasanya bolanya berukuran lebih besar dari lebar tangan orang dewasa. Nah, pada kesempatan kali ini Mimin akan bahas secara lengkap tentang pengertian dan macam-macam Olahraga Bola Besar.

Apa Yang Dimaksud Dengan Permainan Bolah Besar

permainan atau olahraga bola besar adalah olahraga-olahraga yang menggunakan bola berukuran besar. Yang dimaksud dengan bola berukuran besar adalah bola yang memiliki diameter lebih dari 50 cm.

Macam macam permainan bola besar ini memang sangat menarik untuk dimainkan baik permainan yang hanya melibatkan satu pemain ataupun permainan yang melibatkan banyak anggota dalam tim dimana dalam satu permainan terdapat dua tim untuk saling memperebutkan kejuaraan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Wallpaper Terbaik Dan Populer Untuk Android 2021

Jumlah pemaian dalam setiap tim berbeda-beda tergantung jenis atau macam permainannya. Sebagai contoh, permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim. Setiap tim beranggotakan 11 orang pemain. Jumlah ini berbeda dengan olahraga futsal. Jumlah pemain dalam setiap tim futsal adalah lima orang.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya akan dibahas di bawah ini.

6 Olahraga Permainan Bola Besar Yang Paling Banyak Diminati

Inilah nama Permainan Bola Besar dan penjelasannya yang akan Mimin paparkan di bawah ini untuk dijadikan sebagai bahan referensi serta menambah wawasan dan pengetahuan.

1. Voli

Salah satu cabang olahraga bola besar yang menggunakan tangan dengan inti permainan yaitu menjatuhkan bola sampai ke area lawan agar bisa mencetak poin dan dimainkan oleh dua tim. Di dalam pertandingan bola voli ini ada dua tim yang jumlahnya 12 orang sehingga dalam satu tim terdiri dari 6 orang.

Lapangan dalam permainan bola voli ini panjangnya 18m dan lebarnya 9m. Permainan bola voli juga memiliki induk organisasi sendiri yakni Federation International de Volleyball atau FIVB jalan ke Indonesia sendiri adalah Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau PBVSI.

Olahraga ini diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 dengan nama minitonette yang kini dikenal sebagai Volley Ball atau Bola Voli.

2. Sepak Bola

Salah satu olahraga permainan bola besar yang paling terkenal, baik di Indonesia maupun dunia adalah sepak bola. Dibandingkan olahraga bola besar lainnya, sepak bola merupakan salah satu olahraga dengan bola besar yang tidak diperkenankan menggunakan tangan.

Bahkan dalam skala internasional. Tidak hanya kaum pria saja, kaum wanita juga banyak yang menjadikan olahraga sepak bola sebagai hobi. Permainan sepak bola ini bisa dimainkan pada lapangan dengan bentuk persegi panjang dan permukaannya menggunakan rumput alami atau bisa dengan rumput sintetis.

Di dalam 1 lapangan, maka seluruh pemain dari 2 tim berjumlah 22 pemain yang mana satu timnya terdiri dari 10 pemain dan 1 kiper. Lapangan sepak bola memiliki ukuran sekitar 100 sampai dengan 120 m sedangkan lebarnya sekitar 50 hingga 70 meter.

3. Basket

Merupakan salah satu cabang olahraga permainan bola besar yang sangat populer di Amerika Serikat dengan liga bola basket yang terkenalnya bernama NBA. Ukuran standar bola yang digunakan adalah 75-78 cm dan memiliki berat 600 hingga 650 gram. Dalam permainan bola basket juga dilakukan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 5 pemain.

Baca Juga : 7 Situs Download Game PC Terbaik dan Gratis Januari 2021

Lapangan bola basket ukuran standarnya adalah 2,8 m untuk panjang dan lebarnya 15 m. Dalam satu babak terbagi ke dalam empat babak yang dibatasi dengan waktu selama 12 menit per babaknya. Di antara babak tersebut adalah 1, 2, 3 dan babak 4. Sekarang kan waktu untuk istirahat diberi 10 menit lamanya.

Olahraga ini diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1891. Beliau adalah guru olahraga asal Kanada yang mengajar perguruan tinggi para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts.

4. Polo Air

Mungkin di Indonesia sendiri kalau air masih belum setenar permainan bola besar lainnya. Seperti namanya, permainan yang satu ini dilakukan di dalam air yakni di kolam renang dan dilakukan dengan beregu.

Olahraga Polo Air merupakan olahraga gabungan dari permainan Basket, Sepakbola, berenang hingga olahraga Gulat. Karena dalam pelaksanaanya semua gerakan tersebut harus dilakukan, mulai dari berenang, berebut dan memasukkan bolanya kedalam gawang. Untuk tiap tim terdiri dari 1 orang kiper dan 6 pemain.

Sedangkan bola yang digunakan untuk permainan polo air ini seperti bola sepak ataupun futsal. Akan tetapi bola polo air ini dibuat dari karet yang sangat erat melingkari bola tersebut. Untuk induk organisasi yang menaungi permainan polo air yaitu Federation International de Natation atau FINA.

5. Futsal

Futsal juga merupakan salah satu cabang permainan bola besar yang mana permainan ini adalah turunan dari sepak bola. Yang menjadi perbedaan antara futsal dengan sepak bola adalah dari segi pemain, lapangan dan juga peraturannya. Akan tetapi tujuan dari kedua permainan bola besar ini sama yakni memasukkan bola ke dalam gawang lawan untuk bisa mendapatkan poin.

Dalam pertandingan futsal terdapat dua tim yang terdiri dari 5 orang pemain utama atau yang bermain di lapangan. Pertandingan pertama Futsal dilakukan di Uruguay pada tahun 1930. Induk organisasinya FIFA, sedangkan tingkat Nasional FFI (Federasi Futsal Indonesia)

Baca Juga : 5 Aplikasi Kencan Terbaik Di Android

6. Rugby

Olahraga Rugby merupakan salah satu cabang olahraga bola besar. Olahraga ini hampir sama dengan American Football, meskipun tetap ada beberapa perbedaan antara keduanya.

Permainan ini hampir sama dengan sepakbola yaitu memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin. Namun yang membedakannya, dalam permainan sepakbola pemain dilarang menggunakan tangan untuk membawa bola ke gawang lawan. Sedangkan pada Rugby pemain dapat menggunakan tangan untuk melontarkan bola ke gawang lawan.

Dalam setiap pertandingan setiap tim mempunyai total 22 pemain, 8 pemain sebagai penyerang, 7 pemain bertahan dan 7 pemain cadangan. Karena dalam setiap pertandingan pemain yang berada di lapangan sebanyak 15 pemain setiap regu.

Akhir Kata

Nah, Mungkin hanya itu saja yang dappat Mimin bagikan mengenai 6 Olahraga Permainan Bola Besar Yang Paling Banyak Diminati. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda dalam bidang Dunia Olahraga, terimakasih telah berkunjung dan terus ikuti Website Tahukau.com untuk mendapatkan beragam informasi terbaru yang akan Mimin bagikan.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close