Wisata

5 Wisata Indah Di Danau Toba, Patut Dikunjungi

Tahukau.com – Wisata indah di Danau Toba memang menjadi incaran banyak pengunjung saat musim liburan. Danau Toba memang menjadi tempat wisata favorit warga sekitar maupun dari luar Medan. Kecantikan danau dan juga suasana alam yang sejuk menambah daya tarik tempat yang mempesona.

Di tengah Danau Toba terdapat Pulau yang diberi nama pulau Samosir, pulau vulkanik dengan ketinggian 1.000 mdpl. Ada ragam hal yang bisa kamu jelajahi di Danau Toba ini. Selain wisata alamnya di tempat ini juga terdapat penginapan dan juga makanan khas daerah yang terkenal nikmat.

Kamu penasaran, dimana saja wisata indah di danau Toba yang bisa kamu kunjungi. Berikut uraiannya berikut ini.

Wisata Danau Toba Yang Bisa Kamu Kunjungi

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan menjadi destinasi yang menyenangkan. Namun, ada beberapa destinasi lagi yang bisa kamu kunjungi yang berada di area ini seperti:

1. Pemandian Air Panas Pangururan

Pertama wisata indah di danau Toba yaitu air panas pangururan yang berasal dari sumber air alami langsung dari gunung. Mmeiliki suhu air yang cukup hangat dicampur dengan air segar. Baik untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya Gunung Pussuk Buhit.

  • Lokasi: Rianiate, Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba pemandian air panas yang berasal dari sumber air alami jika berkunjung ke Danau Toba. Pemandian Air Panas Pangururan berada dekat dengan Gunung Pussuk Buhit atau puncak tertinggi di Gunung Toba. Dan udara yang terbilang dingin.

Baca juga: 5 Objek Wisata Taman Sakura Di Indonesia, Indah Dan Menakjubkan!

2. Bukit Holbung Samosir

Bukit Holbung berada di Kabupaten Samosir, menjadi salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berada ke Danau Toba. Bukit Holbung menyajikan pemandangan sabana hijau terbentang luas dan terlihat cantik dari ketinggian. Kamu bisa membuat tenda jika ingin menikmati Bukit Holbung dalam waktu lama.

Untuk menuju ke lokasi kamu hanya perlu berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan menuju puncak bukit selama 15 menit lewat jalan setapak yang dibuat oleh warga sekitar. Medan menuju lokasi memang terkesan sulit, namun setelah berada di puncaknya kamu akan merasakan keindahan yang luar biasa mempesona.

  • Lokasi: Dolok Raja, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

3. Air Terjun Sipiso-Piso

Berikutnya wisata indah di danau Toba yaitu Air Terjun Sipiso – piso. Air Terjun Sipiso-Piso yang berada di ketinggian 800 mdpl dan berlokasi di Tanah Karo, di Desa Tongging. Air Terjun Sipiso-Piso menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi saat kamu di Kabupaten Karo.

Baca juga: Wisata Sunrise di Jogja “Negeri Diatas Awan”

Air Terjun Sipiso-Piso bisa dilalui dengan berjalan kaki menyusuri bukit selama satu jam perjalanan. Setibanya di lokasi sampai, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat tinggi dikelilingi perbukitan hijau. Pemandangan yang cantik dan juga indah akan kamu temukan di tempat ini.

  • Lokasi: Tongging, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp5.000/orang

4. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon Simanindo merupakan rumah adat Raja Sidauruk yang dijadikan sebagai museum terbuka dan dibuka untuk umum. Terdapat beberapa rumah adat, dan koleksi peninggalan leluhur dari adat Batak Toba.

Di Museum Huta Bolon Simanindo tidak hanya bisa mengenal rumah adat Batak saja, kamu juga bisa melihat langsung tradisi kebudayaan Batak seperti artefak Batak, ritual Batak, dan bisa melihat patung Sigale-Gale.

  • Lokasi: Jl. Pelabuhan Simanindo, Simanindo Sangkal, Simanindo, Kabupaten Samosir
  • Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp10.000/orang

5. Pertunjukan Tari Sigale-Gale

Berikutnya tradisi pertunjukan Sigale-Gale namanya merupakan sebuah boneka yang berbentuk seperti manusia, lalu digerakkan sesuai dengan lantunan music tradisional. Tari Sigale-Gale adalah salah satu kesenian suku Batak yang cukup terkenal di Sumatera Utara. Dan sering ditampilkan dalam acara adat, dan budaya.

Baca juga: 4 Keindahan Ketika Kamu Wisata di Pulau Weh Aceh

Bermula, Tari Sigale-Gale dilakukan pada upacara kematian untuk mengantar arwah seseorang yang meninggal. Namun saat ini tradisi tersebut jarang dilakukan, dan lebih sering ditampilkan dalam acara adat. Jika kamu menyaksikan tarian ini akan terasa aura mistis namun tetap menarik untuk disaksikan.

  • Lokasi: Tomok, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara
  • Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk: Rp50.000/paket

Demikian 5 wisata indah di danau Toba yang patut dikunjungi, semoga menjadi pilihan destinasi saat berada di Danau Toba.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close