Umum

5 Tips Kacamata Tidak Mudah Berembun Saat Menggunakan Masker

Tahukau.com – Tips kacamata tidak mudah berembun yang bisa kamu coba dalam artikel berikut, sehingga kamu tidak perlu susah payah mengelap berulang kali. Di kala pandemi saat sekarang ini menggunakan menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan guna menghindari penularan covid 19. Namun sedikit merepotkan jika menggunakan masker membuat kacamata yang kita pakai menjadi cepat berembun.

Hembusan udara yang keluar melalui bagian atas masker acapkali membuat lensa kacamata mudah berembun, dan akhirnya justru mengganggu penglihatan dan mau tidak mau harus dilap. Penggunaan masker akan mngeluarkan embusan napas yang bersuhu panas dan lembap pada lensa kacamata. Uap dalam napas menjadi embun pada lensa dan uang pada permukaan menyebabkan tetesan tersebut bertahan di lensa.

Namun, ada cara mudah agar kacamata kamu tidak mudah berembun saat menggunakan masker. Kamu bisa mencoba Tips Kacamata Tidak Mudah Berembun Saat Menggunakan Masker seperti uraian berikut ini.

Tips Menggunakan Kacatamata Tanpa Mudah Berembun

Jangan terburu – buru untuk melepas masker kamu akibat embun yang menempel. Karena hal tersebut sangat penting dan ini dia cara mudah untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Pakai Semprotan Anti Debu

Tips kacamata tidak mudah berembun saat menggunakan masker yaitu dengan menggunakan spray atu semprotan anti debu. Spray yang dirancang untuk menjaga munculnya uap yang menempel pada lensa. Namun harus berhati – hati saat menyemprotkan semprotan ini pada lensa. Hal tersebut jangan sampai mengenai mata karena bisa menimbulkan iritasi dan rasa perih. Pastikan mengeringkan kacamata terlebih dahulu dengan lap khusus kacamata sebelum mengenakannya kembali.

Baca juga: Tips Baik Menjaga Pola Hidup Sehat Selama Pandemi

2. Sisipkan Tisu pada Bagian Dalam Masker

Cara berikut yang bisa dilakukan agar mencegah kacamata berembun saat menggunakan masker dengan melipat tisu dan menyelipkannya di balik masker yang digunakan. Dengan menggunakan 2 – 3 lembar tisu, dan masukkan di balik masker serta pastikan tisu sudah menutupi tulang hidung, tepat di bagian kacamata. Tisu berguna untuk bisa membantu menyerap kelembapan dari napas dan menghalangi adanya embun pada permukaan lensa kacamata. Sehingga tidak mudah terjadinya uap kembali.

3. Cuci dengan Sabun dan Air

Cara berikut yaitu dengan mengelap lensa kacamata dengan sabun cair atau sabun batang, setelah itu bersihkan dengan air bersih dan biarkan kacamata kering dengan sendiri atau keringkan menggunakan tisu lembut sebelum mengenakannya. Cara ini telah dibuktikan sebelumnya oleh banyak orang dan hasilnya terbukti memuaskan dan cukup ampuh.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal Menghilangkan Stretch Marks, Wajib Diketahui!

Penjelasan secara ilmiah mengapa tips berikut cukup efektif untuk mengatasi kacamata yang berembun, karena air sabun memiliki sifat untuk ‘memecah’ tegangan pada permukaan lensa dengan meninggalkan lapisan tipis yang membuat permukaan lensa kacamata akan sulit tertempel embun.

4. Semprotkan Anti-fog Spray

Tips kacamata tidak mudah berembun saat Menggunakan aasker dengan menggunakan anti-fog spray. Dimana caranya cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan spray pada lensa, setelah itu lap dengan kain yang lembut. Selanjutnya kacamata bisa digunakan kembali tanpa adanya uap embun. Namun perhatikan ketika spray disemprotkan jangan sampai terkena mata atau area sekitarnya.

5. Lipat Bagian Atas Masker

Cara berikut merupakan cara yang cukup mudah yaitu dengan lipat sedikit bagian atas masker kira – kira 1 cm ke arah dalam sebelum dikenakan. Dengan melakukan hal tersebut, akan menciptakan adanya ruang ekstra bagi napas untuk keluar dari masker dan menghindari terjadinya uap embun pada lensa kacamata. Walau cara ini memiliki kelemahan yaitu masker akan terlihat lebih terbatas karena adanya lipatan. Namun, cara ini mampu mengatasi masalah embun pada lensa kacamata.

Baca juga: Menteri Kesehatan : dr Terawan Agus Putranto

Nah, itulah 5 Tips Kacamata Tidak Mudah Berembun Saat Menggunakan Masker. Semoga menjadi manfaat dan selamat mencoba!.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close