Umum

5 Tips Bermain Game Tidak Macet, Wajib Coba!

Tahukau.com – Bermain game agar tidak macet atau disebut lag tentu akan sangat menyenangkan. Paling tidak nyaman jika lagi seru bermain game kesayangan, tiba – tiba di tengah jalan macet atau lag. Sehingga game mau tidak mau harus dihentikan sejenak atau ponsel dimatikan terlebih dahulu.

Jika kejadian ini berlangsung lama tentu saja akan mengganggu serunya bermain game, bukan?. Bermain game di ponsel menjadi tren saat ini selain karena menghibur, hobi juga menghilangkan rasa penat juga menjadi keuntungan secara keuangan. Ada banyak game yang bisa dimainkan di ponsel pintar kamu, namun setiap ponsel tentulah memiliki kapasitas berbeda.

Hal itulah yang secara tidak langsung membuat mengapa pada saat bermain game tiba – tiba macet, untuk itu perlu diketahui bagaimana dan Tips Bermain Game Tidak Macet yang patut kamu coba berikut ini.

Tips Bermain Game Agar Tidak Macet

Simak di bawah ini uraian bagaimana tips mengatasi bermain game yang suka macet atau lag:

1. Gunakan Aplikasi Khusus

Tips Bermain Game Tidak Macet pertama yaitu menggunakan aplikasi khusus. Menghapus cache menjadi salah satu cara untuk mengurangi lag tau macet saat bermain game. Banyak aplikasi di Google Play Store yang bisa menghapus cache di ponsel, aplikasi tidak terpakai, dan bahkan mematikan aplikasi Android yang membuat ponsel menjadi panas.

Sebagai contoh seperti CCleaner. Aplikasi yang populer di kalangan pengguna PC ini juga dapat menghapus junk file atau file sampah yang tidak digunakan lagi sehingga ruang kosong di memori penyimpanan bisa bertambah. Aplikasi ini melakukannya secara otomatis sehingga kamu tidak perlu repot menghapus satu persatu. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi macet saat bermain game.

Baca juga: Game Persona 4 Golden Baru Resmi Rilis Tahun 2020

2. Hapus File yang Tidak Penting

Tidak hanya aplikasi, menghapus file yang tidak diperlukan juga bisa membantu mengurangi macet saat kamu bermain game. Dengan memeriksa folder di memori internal dan eksternal, pasti akan menemukan banyak file yang sudah tidak digunakan lagi. Untuk menemukan file itu kamu bisa menggunakan aplikasi seperti ES File Explorer.

Berbagai jenis file yang tidak terpakai biasanya terlihat di folder download, bluetooth, dan lainnya. File lainnya seperti offline maps dan cache video online juga sebaiknya dihapus jika tidak terpakai lagi. 

3. Gunakan Jaringan 4G atau WiFi

Masih ada beberapa orang yang bermain game saat ini menggunakan jaringan 3G karena sinyal yang buruk dan tidak mendukung. Untuk game real time seperti contoh Mobile Legends, tentu saja sinyal akan berpengaruh besar pada kelancaran bermain game. Dengan menggunakan jaringan 3G atau dibawahnya, maka kemungkinan besar kamu akan mengalami macet – macet.

Sebaiknya kamu sudah menggunakan 4G atau WiFi jika ada. Jika masih tetap ingin menggunakan jaringan 3G, maka setidaknya cari tempat dengan sinyal yang bagus dan jernih.

Baca juga: 8 Rekomendasi Game RPG Popular Yang Patut Diketahui

4. Restart Game

Nah, apabila kamu sudah mencoba semua cara di atas namun masih juga macet atau lag, maka coba restart game kamu. Dengan cara me-restart game, hal ini bisa memperlancar kinerja ponsel sehingga performanya bisa membaik. Terkadang game yang sudah terlalu lama dipakai bisa membuat ponsel menjadi panas sehingga performanya menurun.

Setelah ponsel di restart, biarkan ponsel istirahat selama 10 menit. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan ponsel setelah bekerja dalam waktu lama. Dijamin bermain game akan berjalan lebih lancar dari sebelumnya.

5. Update Game

Selain aplikasi, Tips Bermain Game Tidak Macet yaitu dengan game kamu perlu di-update. Setiap beberapa saat, umumnya ada bug dalam suatu game yang perlu diperbaiki dan beberapa masalah kecil lain. Sebab itu kenapa para pengembang selalu memberikan versi terbaru dari game yang bisa kamu temukan di Google Play Store. 

Dengan kata lain, kamu harus meng-update game untuk bisa terus bermain dengan lancar. Jika tidak di-update, maka bisa jadi kamu akan mengalami macet dan tersendat. karena itu pastikan semua game yang kamu punya sudah ter-update ya.

Baca juga: 4 Game Terbaru dan Menarik di Bulan Juni 2020

Nah, demikianlah uraian mengenai Tips Bermain Game Tidak Macet, semoga tips di atas menjadi manfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close