Umum

5 Sikap Yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak, Waspadai!

Tahukau.comSikap yang harus dihindari oleh orangtua ketika mendidik anak – anaknya harus bisa memahami mana yang baik dan mana yang kurang baik. Sehingga tidak menimbulkan rasa trauma dan ketakutan bagi si anak. Tidak semua orangtua dalam mendidik anak bisa menerapkan pola didik yang benar, adakalanya dimana orangtua terlalu memaksakan kehendak dan bersikap kurang baik.

Tentu hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan anak terganggu, apalagi melihat sikap orangtua yang kurang pantas ditiru oleh anak. Anak merupakan buah hati dari kedua orangtua, anak akan bisa menjadi apa yang orangtua mau asalkan dididik dengan sikap dan juga pola didik yang tepat.

Ada beberapa pola didik dan sikap dari orangtua yang harus diperhatikan, salah satunya yang akan dibahas pada artikel berikut ini. Simak penjelasan mengenai Sikap Yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak berikut ini.

Sikap Yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak Oleh Orangtua

Bagi anak – anak, orang tua adalah teladan dan contoh dalam menjalani kehidupan. Namun, terkadang sebagai orang tua tidak sadar jika segala sikap dan tindakan yang dilakukan bisa direkam otomatis oleh ingatan sang anak. Begitu pun dengan sikap seperti berikut ini:

1. Acuh terhadap anak

Sikap yang harus dihindari dalam mendidik anak yaitu acuh terhadap anak. Ada tipe orangtua dengan jiwa sosial tinggi, namun sayangnya itu tidak terjadi di dalam rumah dan juga terhadap anak. Anak bisa merasa kesepian tanpa mendapat perhatian orangtua karena orang tua sibuk dengan kegiatan di luar rumah. Jangankan memberikan waktu luang untuk anak, bertanya kabar juga tidak. Sikap ini yang akan menjadikan anak mencari orang lain yang lebih nyaman dan resikonya anak akan lebih percaya pada orang lain dibanding orangtuanya sendiri. Hal ini tentu bisa berdampak secara psikologis kedepannya.

Baca juga: Fakta Anak Berisiko Alami Depresi Lebih Tinggi Dari Orangtuanya

2. Meremehkan dan mengabaikan curhatan anak

Menjadi tempat curhat yang nyaman bagi anak seharusnya adalah orang tuanya. Namun terkadang ada tipe orang tua yang tidak peduli dengan curhatan anak, karena dianggapnya biasa saja. Namun sebagai orang tua, kadang anak memang butuh didengar dan dimengerti. Jika hal ini terus diabaikan, maka anak bisa jadi memendam perasaan tidak suka dengan perlakuan orang tuanya dan akan menjadi bom waktu di kemudian hari. Tentu ini berbahaya bagi orangtua dan anak.

3. Bertengkar di depan anak

Salah satu hal serius yang dilakukan kedua orangtua yaitu ketika bertengkar di depan anak. Entah melihat secara sengaja atau tidak, hal ini bisa membekas dalam ingatan anak tentang hal buruk dan rasa trauma. Apalagi jika pertengkaran disertai dengan kata yang tidak sopan dan main tangan, secara tidak sadar anak akan merasa trauma dan mempengaruhi kepribadiannya di masa depan. Hal yang paling buruk yaitu menjadikan anak takut untuk membina rumah tangga dan mengenai lawan jenisnya.

Baca juga: Tips Mengajarkan Anak Mewarnai Gambar | Contoh Gambar

4. Memaksakan kehendak

Sudah kewajiban anak untuk bisa menuruti nasihat baik dari orang tua, namun sikap terlalu memaksakan keinginan dan kehendak agar anak menuruti sikap orang tua juga tidak benar dan akan mempengaruhi sikap anak di masa kembangnya kelak. Hasilnya anak tidak dapat menunjukkan data dirinya. Dan perlahan akan mengikis kepercayaan dirinya dan sudah tentu menjadi masalah di masa mendatang. Tentu ini sikap yang harus dihindari dalam mendidik anak.

5. Tidak pernah mengapresiasi prestasi anak

Setiap prestasi dan tumbuh kembang anak sangat perlu untuk diapresiasi oleh orang tua, sekecil apapun itu supaya anak semakin semangat dan merasa dirinya berharga di depan orangtuanya. Tidak pernah mengapresiasi anak bisa berpengaruh kepada kepribadian anak yang bisa jadi akan melakukan hal yang sama kepada orang lain. Hal ini tentunya bisa berdampak buruk bagi perkembangannya di masa mendatang. 

Baca juga: Daftar Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak

Demikianlah ulasan singkat mengenai Sikap Yang Harus Dihindari Dalam Mendidik Anak, semoga menjadi manfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close