Umum

5 Sambal Khas Betawi Super Pedas Dan Joss, Bikin Nafsu Makan!

Tahukau.com – Sambal khas Betawi yang terkenal super pedas dan bikin nafsu makan menjadi meningkat. Ibarat kata orang tua dulu makan dengan sambal saja dibarengi ikan asin sudah membuat nafsu bertambah, sambal memang identik dengan makanan khas Indonesia. Tidaklah lengkap jika menyantap makanan tanpa adanya sambal.

Sensasi rasa pedas, manis, asin, dan asam membuat sambal harus selalu ada di meja makan. Bagi sebagian suku di Indonesia sambal memiliki ragam sajiannya, tidak hanya dengan bahan cabai dan tomat saja namun ada perpaduan ragam bahan lainnya.

Kali ini sambal khas Betawi yang cukup terkenal cita rasanya, ada ragam sambal yang patut diketahui. Berikut rekomendasi sambal khas Betawi super pedas dan joss yang bisa dicoba.

Jenis Sambal Khas Betawi

Betawi juga memiliki banyak sambal khas yang sangat menggugah selera. Inilah beberapa sambal khas Betawi yang bikin selera meningkat:

1. Sambal Belimbing Wuluh

Sambal khas Betawi super pedas dan joss pertama yaitu sambal belimbing wuluh. Belimbing wuluh sering digunakan masyarakat Indonesia untuk diolah menjadi sayuran, rujak dan manisan. Rasa asamnya yang segar akan membuat lidah siapa pun yang menikmatinya merasa melek, pas buat orang yang sering mengantuk. Namun kali ini, belimbing wuluh diolah menjadi sambal. Tidak hanya pedas juga memiliki cita rasa asam dan segar. Percampuran antara cabai, tomat, bawang dan belimbing wuluh yang diulek sampai halus.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Betawi Yang Terkenal, Wajib Dicoba!

2. Sambal Lengkio

Sambal lengkio juga hampir sama dengan sambal lainnya, perpaduan rasa pedas dan asam membuat sambal ini menjadi khas dan juga enak. Sambal yang dibuat dengan bahan seperti cabai, tomat, bawang merah dan dicampur dengan lengkio membuat cita rasanya semakin kaya rasa dan juga menyegarkan. Lengkio juga bisa dijadikan sebagai campuran sayuran dan olahan menu makanan.

3. Sambal Godok

Sambal satu ini sering dipadukan dengan kuah sayur ketupat dan lontong. Rasanya yang pedas manis membuat makanan berkuah santan ini terasa begitu nikmat dan sedap. Perpaduan antara bahan cabai, tomat, bawang merah, terasi lalu dihaluskan setelah bahan tersebut direbus. Lalu disajikan sebagai penambah cita rasa ketupat yang membuat kamu ketagihan.

Baca juga: 5 Makanan Khas Lebaran Cocok untuk Di Hidangkan

4. Sambal Dengkek

Berikutnya sambal khas Betawi super pedas dan joss ada sambal dengkek. Sambal yang terbuat dari bahan seperti cabai, tomat, terasi, bawang merah dan campuran cuka. Cita rasa yang khas membuat sambal ini layak menjadi pembangkit selera makan. Cocok disajikan ketika nasi hangat dipadu dengan lauk ikan dan ikan asin, pastinya langsung membuat perut lapar.

5. Sambal Nasi Uduk

Betawi sudah dikenal dengan makanan nasi uduk dan nasi ulamnya, tidak lengkap jika makan nasi yang gurih ini dengan sambalnya. Sambal nasi uduk memang sudah melekat jika kamu membeli nasi ini, perpaduan bahan seperti cabai, gula, garam, kacang tanah, air jeruk membuat rasanya begitukental di lidah. Sambal ini juga bisa dipadukan jika kamu makan gorengan seperti bakwan sayur, tahu isi, risoles dan lontong isi. Rasanya akan membuat nagih karena sensasi pedas, asam dan manis.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Disarankan Tidak Dipanaskan Kembali, Mempengaruhi Kesehatan!

Jika kamu pecinta kuliner Betawi pasti sudah mengenal sambal tersebut bukan?. Sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya. Itulah beberapa rekomendasi sambal khas Betawi super pedas dan joss yang bisa kamu cicipi.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close