Bisnis

5 Ragam Tempe Lebih Lezat Yang Patut Kamu Ketahui!

Tahukau.comRagam tempe yang patut diketahui ternyata memiliki tidak hanya tempe yang bisa kita makan saja, ada beberapa jenis tempat yang juga bisa dijadikan sebagai olahan menu makanan yang lezat. Kamu pecinta tempe sudah pasti tidak asing dengan contoh tempe di bawah ini.

Orang Indonesia jika ditanya mengenai tempe kedelai pasti semua orang kenal karena tempe menjadi makanan khas dan sehari – hari dengan lidah orang nusantara. Citarsanya yang gurih saat dihidangkan dengan cara digoreng atau manis saat dibumbu bacem membuat tempe ini menjadi makanan favorit banyak orang.

Namun, tahukah kamu ternyata tempe itu tidak hanya dibuat dengan bahan kedelai saja, contohnya seperti tempe di bawah ini yang bisa jadi cukup asing bagi sebagian orang.

Ragam Tempe Indonesia

Ingin tahu ragam tempe yang bisa kamu ketahui, dengan rasa yang enak dan juga lezat seperti ulasan di bawah ini:

1. Tempe Bungkil

Ragam tempe pertama yaitu tempe bungkil. Tempe jenis ini terbuat dari ampas kacang tanah yang sudah diperas minyaknya, sehingga tempe ini juga sering disebut dengan tempe kacang.

Tempe jenis ini merupakan tempe khas dari kota Malang dan sulit ditemukan di daerah lainnya. Memiliki rasa yang gurih dan lezat juga tidak jauh berbeda dengan tempe pada umumnya.

Baca juga: 5 Makanan Berbahaya Bagi Penderita Asam Urat, Hindari!

2. Tempe Manding

Tempe manding yaitu tempe yang terbuat dari biji petai cina atau sering disebut juga dengan manding. Umumnya tempe ini dijual di pasar tradisional dengan dicampur parutan kelapa, memiliki cita rasa tempe yang semakin gurih juga nikmat disantap dikala hangat.

Umumnya orang yang makan tempe ini memadukannya dengan nasi tiwul dan sambal bawang. Sehingga siapapun yang menyantap tempe ini berasa akan ketagihan. Ada orang yang menyebut tempe ini sebagai tempe lamtoro karena dibuat dari petai Cina.

3. Tempe Kacang Hijau

Selain nikmati dibuat sebagai bubur kacang hijau, ternyata tempe kacang hijau juga bisa dibuat menjadi tempe juga. Tempe ini disebut dengan nama tempe kacang hijau dan bisa ditemukan hanya di daerah Yogyakarta saja.

Tempe yang memiliki tekstur lembut dan terlihat biji kacang hijau, membuat tempe ini menjadi ciri khas makanan khas kota Yogyakarta. Cara pembuatannya hampir serupa dengan tempat pada umumnya, hanya bahan utamanya saja yang berbeda.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Disarankan Tidak Dipanaskan Kembali, Mempengaruhi Kesehatan!

4. Tempe Gembus

Lalu ragam tempe berikutnya ada tempe gembus. Jika tempe kedelai terbuat dari kedelai, maka tempe gembus ini terbuat dari ampas tahu. Karena itu, tekstur tempe ini terlihat lebih lembut jika dibandingkan dengan tempe kedelai.

Untuk penyebutan tempe ini di beberapa daerah cukup berbeda. Jika orang Jawa Tengah menyebut tempe ini dengan sebutan tempe gembus, namun jika orang Jawa Timur yang biasa menyebut tempe ini dengan nama tempe menjes. Cukup unik namanya, namunn untuk rasanya tidak perlu diragukan ya.

5. Tempe Benguk

Dan tempa berikutnya ada tempe benguk yang terbuat dari kacang benguk. Tempe yang berasal dari daerah Kulon Progo ini berbentuk hampir sama seperti tempe kedelai, hanya saja ukuran kacang benguknya lebih besar dari ukuran kacang kedelai biasa.

Untuk pengolahan tempe ini hampir sama seperti tempe kedelai yaitu digoreng atau dibacem. Sedangkan di daerah asalnya sendiri tempe ini sering diolah dengan cara disengek, yaitu olahan dengan cara menambahkan santan juga berbagai rempah ke dalam rebusan tempe benguk. Memiliki rasa yang gurih, manis dan lezat juga paling nikmat disajikan dalam kondisi hangat.

Baca juga: 5 Makanan Bioteknologi Di Indonesia, Terkenal Dan Enak!

Itu tadi beberapa ragam tempe khas Indonesia yang bisa kamu coba cicipi saat kamu berada di kota produsennya, jangan lupa tempe ini juga bisa dibwa sebagai oleh – oleh kuliner khas daerah.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close