Campuran

5 Posisi Tidur Mengatasi Nyeri Pinggang, Patut Dicoba

Tahukau.comPosisi tidur mengatasi nyeri pinggang yang membuat kegiatan terhambat. Ada beberapa yang bisa menjadi faktor penyebab adanya nyeri pinggang seperti keseleo, jatuh, penyakit bawaan dan sebagainya. Jika nyeri pinggang yang dialami terlalu parah dan serius, maka sebaiknya berkonsultasi pada dokter ahli.

Memiliki gejala sakit pinggang tentunya bukanlah satu hal yang mudah. Apalagi ketika beraktivitas dan melakukan waktu beristirahat. Tidak jarang, gejala sakit pinggang membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan gelisah. Karena merasa nyeri dan kesulitan untuk bergerak ke kiri dan juga ke kanan.

Untuk meringankan gejala sakit pinggang ini, berikut posisi tidur mengatasi nyeri pinggang yang bisa kamu coba.

Posisi Tidur Mengatasi Sakit Pinggang

Dari berbagai referensi juga penelitian oleh ahli medis, ternyata ada beberapa posisi tidur untuk penderita sakit pinggang. Dimana, posisi tidur ini dianggap mampu mengurangi rasa sakit yang datang dan bisa membuat tidur lebih nyenyak:

1. Telentang Dengan Penyangga di Lutut

Posisi tidur mengatasi nyeri pinggang pertama yaitu dengan posisi tidur dengan menggunakan penyangga di bawah lutut mampu meminimalkan titik tekanan pada pinggang. Posisi ini bisa memberikan berat secara menyeluruh pada permukaan tubuh. Dan dapat memastikan adanya penyelarasan kepala sampai tulang belakang dengan baik. Untuk melakukan posisi tidur seperti ini, cobalah posisikan bantal untuk menyangga kepala juga leher kamu. 

Baca juga: 5 Jenis Meditasi Yang Baik Untuk Kesehatan Jiwa, Wajib Dicoba!

2. Posisi Terlentang

Posisi berikutnya yaitu telentang, posisi ini tentunya bukanlah posisi yang asing bagi hampir semua orang. Ternyata, bagi penderita sakit pinggang, posisi terlentang ini menjadi rekomendasi yang patut dicoba.

Hal ini dikarenakan, saat telentang, posisi tulang belakang dalam posisi lurus dan akan sesuai dengan anatomi tubuh manusia. Jika terus dilakukan, maka tidak hanya terhindar dari nyeri punggung, namun juga terhindari dari nyeri leher.

3. Posisi Miring dan Letakkan Bantal di Antara Lutut

Selama ini tidur miring menjadi posisi yang banyak digemari siapa saja. Namun sayang, tidak banyak orang tahu jika posisi ini kurang baik bagi tulang belakang. Sehingga tidak jarang membuat punggung bagian bawah menjadi menegang dan timbul rasa nyeri.

Namun, ada cara agar tidur dengan posisi ini menjadi sehat untuk dilakukan. Yaitu dengan meletakkan bantal di antara kedua lutut, hal ini bertujuan untuk mengembalikan keseimbangan alami dari pinggul, tulang belakang dan juga panggul. 

Baca juga: Faedah Berciuman Bagi Kesehatan Yang Patut Diketahui

4. Gaya Janin

Berikutnya posisi tidur mengatasi nyeri pinggang yaitu posisi tidur gaya janin, dimana posisi ini baik bagi penderita sakit pinggang. Posisi fetus yang disebut banyak dalam dunia media selain nyaman, juga mampu mengurangi nyeri otot di pinggang. Selain itu, dari berbagai penelitian, posisi ini dapat membantu orang yang mengalami cedera hernia tulang belakang sehingga akan membuat posisi tidur dan kondisi pinggang menjadi lebih nyaman.

5. Posisi Tengkurap

Posisi tengkurap sebenarnya kurang diminati oleh banyak orang. Hal ini berbeda dengan posisi telentang dan meringkuk seperti janin. Namun jangan salah, jika posisi ini ternyata juga baik untuk mencegah sakit pinggang.

Nah untuk mencoba cara ini, kamu disarankan untuk menggunakan bantal yang lebih tipis. Dan jangan menggunakan bantal besar untuk penyangga kepala. Caranya cobalah menempatkan bantal di bawah perut, hal ini agar meminimalkan ekstensi bagian tulang belakang supaya terasa nyaman.

Baca juga: Tips Baik Menjaga Pola Hidup Sehat Selama Pandemi

Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai posisi tidur mengatasi nyeri pinggang, semoga menjdi manfaat. 

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close