Wisata

5 Objek Wisata Taman Sakura Di Indonesia, Indah Dan Menakjubkan!

Tahukau.com – Objek wisata taman sakura di Indonesia yang sering menjadi tempat berlibur memiliki tanaman asli dari Jepang yang begitu indah. Di tempat ini tidak hanya bunga Sakuranya yang indah, namun juga suasana sejuk, nyaman dan juga menakjubkan.

Cocok sekali dijadikan sebagai tempat liburan keluarga dan juga bersama pujaan hati. Banyak spot menarik nan romantis yang menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Membuat stres bisa hilang karena udaranya yang juga bersih.

Bunga Sakura memang dikenal sebagai bunga yang indah dan melambangkan kedamaian bagi yang melihatnya. Tidak heran jika banyak orang penasaran ingin menanam atau sekedar mengabadikannya sebagai foto. Nah, berikut ini beberapa objek wisata taman Sakura di Indonesia yang patut kamu ketahui.

Objek Wisata Taman Sakura

Bagi kamu yang tertarik ingin melihat bunga sakura, maka tidak perlu pergi ke Jepang untuk menikmati bunga ini, cukup kunjungi beberapa kota di Indonesia seperti berikut ini.

1. Kebun Raya Cibodas

Pertama tanaman sakura yang ada di taman Raya Cibodas ditanam dengan menggunakan metode cangkok, dan sudah ditanam sejak tahun 1953 lalu. Bunga sakura yang ditanam di taman ini ada 7 jenis yaitu Prunus Cerasoides, Prunus Arborea, Prunus Yodoensis, Prunus Yamasakura, Prunus sp, Prunus Costata, dan juga Prunus lannesiana.

Sekitar bulan Januari-Februari dan juga bulan Agustus-September, bunga sakura dengan jenis Prunus Cerasoides kan berbunga dua kali. Jika kamu ingin melihat keindahan sakura yang sedang mekar, maka kamu bisa datang di saat awal bulan. Keindahan bunga sakura yang sedang mekar hanya bertahan selama 2 minggu.

  • Lokasi  : Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindang Jaya Kec. Cipanas Kab. Cianjur Telp. (0263) 512233
  • Jam Operasional: Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM: Rp16.500 per orang
  • Mekar:  Januari-Februari dan Agustus-September

Baca juga: 4 Keindahan Ketika Kamu Wisata di Pulau Weh Aceh

2. Kebun Raya Eka Karya, Bali

Objek wisata taman Sakura di Indonesia berikutnya ada di pulau Bali. Bunga sakura yang ada di kebun Raya Eka Karya adalah bunga yang dikoleksi sejak tahun 1959 dan tahun 1984. Bunga sakura yang ada di kebun raya ini termasuk jenis Prunus campanulata Maxim dan Prunus puddum Roxb. Ex.Wall. Bunga sakura di Kebun Raya Eka Karya kan berbunga pada musim April – September, biasanya mekar selama 7-10 hari saja.

Selain di Kebun Raya Eka karya, sakura juga di tanam di Karangasem adalah pemberian dari Japan Sakura Exchange Associaton kepada pihak Pemerintah Kabupaten Karangasem. Memiliki ratusan bibit yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk ditanam di beberapa tempat.

  • Lokasi: Jl. Kebun Raya, candi Kuning, Kec Baturiri Kabupaten Tabanan bali. Telp. (0368) 2033211
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 18.00 (Kecuali Pada Hari Raya Nyepi)
  • HTM: Domestik Rp9.000 / Asing Rp17.000
  • Mekar: April -September

3. Kebun Raya Baturaden, Banyumas

Selain ada di Karanganyar, bunga sakura juga ditanam di Kebun Raya Baturaden. Penanaman dua bibit pohon sakura dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan diharapkan bisa menjadi daya tarik baru di kebun Raya baturaden.

  • Lokasi : Jalan Pancuran Tujuh, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Telp. (0281) 681822
  • Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM: Rp10.000 /orangnya, Tiket Terusan Rp.25.000

Baca juga: Wisata Sunrise di Jogja “Negeri Diatas Awan”

4. Taman Kota Kijang, Bintan Timur

Berikutnya objek wisata taman Sakura di Indonesia ada di Kota Kijang Bintan telah ada sebelum Indonesia merdeka. Meski bunga sakura itu sempat mati namun masih dapat diselamatkan. Sosok Bapak Abdul Muin yang memiliki ide dengan mengambil anakan pohon sakura dan ditanam kembali sehingga tetap ada sampai saat ini.

Sekarang pembibitan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan Melalui Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman. Sakura yang berada di Kota Bintan menjadi pohon sakura yang ditanam seorang warga Jepang yang dahulu pernah tinggal di Bintan di tahun 1942-1945, yang bernama Prof. Tanaka.

  • Lokasi: Kijang Kota Bintan Timur, Kab. Bintan Kepulauan Riau.
  • Jam Operasional: 08.00-17.00
  • HTM: Gratis
  • Mekar: Maret

5. Taman Bukit Sakura Lawu, Karanganyar

Tanaman bunga sakura yang ditanam di Gunung Lawu oleh pemerintah setempat dengan Perusahaan Astra yaitu Toyota. Di awal Januari 2019 lalu, bunga sakura yang ditanam dan mulai bermekaran, jenis Sakura Himalaya mulai bermekaran. Namun diharapkan bungai ini dapat tumbuh sesuai musimnya pada Januari-Februari.

Penanaman bunga sakura diperlukan serangkaian riset sebelum dapat ditanam. Hal ini berkat kerjasama tim yang dilakukan oleh KLHK-Balitek Das Solo, Perum Perhutani Solo, Kebun Raya Cibodas LIPI, serta FMIPA UNS dan dari perusahaan Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Dan bisa dikunjungi di musim bermekaran di bulan Januari dan Februari.

  • Lokasi: Desa Tlogodrigo Gondosuli Kec. Tawangmangu Cemorokandang Kab, Karanganyar.
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp7.500 / orang
  • Mekar: Januari – Februari

Baca juga: 3 Tempat Wisata Khas Denpasar Bali

Jadi, jika kamu penasaran ingin melihat seperti apa bunga Sakura mekar, maka bisa berkunjung ke salah satu objek tersebut. Semoga 5 objek wisata taman Sakura di Indonesia menjadi manfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close