Umum

5 Manfaat Pelukan Yang Patut Diketahui

Tahukau.com – Manfaat pelukan yang harus diketahui memiliki makna dan manfaat luar biasa bagi kesehatan mental dan juga fisik seseorang. Pelukan menjadi bahasa tubuh paling mudah dan cukup familiar yang sering dilakukan seseorang untuk mengekspresikan perasaan kasih sayangnya.

Pelukan juga menjadi salah satu hal yang dirindukan oleh setiap pasangan. Hubungan berdua akan semakin erat dengan saling melingkarkan tangan ke tubuh pasangan masing – masing. Dan efek dari pelukan tersebut mampu membuat satu sama lain merasa hangat dan damai.

Berikut ini hal yang patut diketahui mengenai apa saja manfaat pelukan oleh pasangan agar kehidupannya semakin bahagia dan sempurna.

Manfaat Pelukan Bagi Pasangan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dengan berpelukan. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dengan membiasakan berpelukan dengan pasangan:

1. Membuat Hubungan Semakin Mesra

Manfaat pelukan bagi pasangan yaitu mampu membuat hubungan semakin langgeng dan mesra. Sebagian pasangan, berpelukan mungkin seperti sebuah kegiatan yang sepele. Namun manfaat, berpelukan bisa membuat kamu merasa nyaman saat menghabiskan waktu bersama pasangan dan mempererat hubungan sehingga hubungan akan menjadi lebih mesra dan bertahan lama. Hal ini secara mental mendukung pasangan satu sama lain untuk saling mengasihi.

Baca juga: Menerima kekurangan Dalam hubungan Agar Langgeng

2. Meningkatkan Keintiman secara Emosi

Berpelukan dengan pasangan juga tidak hanya akan membuat merasa nyaman, namun juga dapat meningkatkan keintiman hubungan antar pasangan. Hal ini karena berpelukan dapat mendekatkan seseorang dengan pasangan secara emosional. Hal ini yang terjadi pada ibu yang memeluk dan mendekap bayinya, yang membuat bayi merasa nyaman dan membuat bayi semakin erat dengan ibunya. Karena itu berpelukan sangat penting untuk meningkatkan emosi satu sama lain dalam berpasangan.

3. Menurunkan Tingkat Stres

Berikutnya manfaat pelukan yaitu dapat menurunkan tingkat stres. Saat pasangan berpelukan, tubuh akan langsung melepaskan hormon oksitosin atau hormon cinta sehingga pasangan akan lebih merasa tenang dan bahagia. Selain itu, berpelukan juga bisa menurunkan kadar hormon kortisol dalam tubuh, sehingga stres dan depresi bisa lenyap dengan hanya berpelukan. Dengan memeluk pasangan bisa mengurangi kecemasan dalam diri kamu tentunya.

Baca juga: Tips Jatuh Hati Pada Orang Yang Tepat, Wajib Tahu!

4. Memperbaiki Komunikasi

Ada kalanya pasangan kesulitan untuk mengungkapkan perasaan melalui kata-kata. Dengan berpelukan menjadi satu cara yang efektif untuk mengungkapkan isi hati tanpa perlu berbicara. Pasangan yang ingin memulihkan hubungan dengan sering berpelukan saat mereka tidak dapat mengungkapkan perasaan lewat kata-kata, hal ini akan mampu memperbaiki komunikasi yang tidak bisa diungkapkan dengan kata. Karena pelukan mengobati setiap kata menjadi rasa damai dan hangat.

5. Meningkatkan Imun

Pelukan juga dipercaya bisa membuat tubuh kita lebih sehat. Saat pasangan berpelukan, maka tubuh tidak hanya melepas hormon oksitosin, namun juga dopamin yang sering diistilahkan dengan istilah feel-good hormones. Salah satu fungsi dopamin yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh atau imun. Karena itu, meskipun sebentar, dengan berpelukan akan memberikan pengaruh positif terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga menjadikan pasangan lebih sehat dan terjaga.

Dengan demikian dapat diketahui 5 manfaat pelukan yang patut diketahui, semoga uraian di atas bisa menjadi referensi untuk selalu berpelukan dalam kehidupan sehari – hari. Selamat mencoba!.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close