Umum

5 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan, Berkhasiat!

Tahukau.comManfaat daun bawang bagi kesehatan yang bisa membuat tubuh jauh lebih sehat dan bugar. Kandungan yang terdapat pada daun bawang bisa membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Daun bawang tidak hanya enak disajikan sebagai tambahan untuk masakan, selain itu juga baik digunakan untuk olahan membuat kue.

Sayuran yang memiliki rasa khas ini terdapat banyak nutrisi dan zat sehat yang terkandung di dalamnya. Sehingga bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Untuk tahu lebih banyak mengenai manfaat daun bawang ini, kamu bisa menyimak ulasannya.

Manfaat Daun Bawang

Mengintip dari beberapa sumber, khasiat dan juga manfaat yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi daun bawang yaitu:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun bawang pertama yaitu bisa meningkatkan kekuatan sistem pada tubuh. Daun bawang mengandung sejumlah besar vitamin A yang penting untuk mengurangi peradangan juga memperkuat tubuh membantu melawan infeksi.

Dimana, daun bawang memiliki kandungan kadar vitamin E yang terbukti bisa mengurangi penyebaran molekul pro-inflamasi, seperti sitokin. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat tentu seseorang tidak akan mudah terserang penyakit dan mencegah dari pilek, demam juga flu.

Baca juga; 5 Jenis Makanan Disarankan Tidak Dipanaskan Kembali, Mempengaruhi Kesehatan!

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Faktanya, sebagian besar daun bawang menjadi sumber serat mudah larut. Termasuk prebiotik yang berfungsi menjaga usus lebih sehat. Dimana bakteri sehat tersebut menghasilkan asam lemak seperti asetat, propionat dan butirat untuk mengurangi iritasi juga dapat meningkatkan kesehatan pada pencernaan.

Bahkan sayuran jenis daun bawang memiliki kandungan serat yang tinggi dan dengan mengkonsumsi daun bawang secara rutin, maka tingkat resiko terkena sembelit akan menurun.

3. Mencegah penyebaran sel kanker

Daun bawang juga memiliki kandungan vitamin C yang telah terbukti sebagai antioksidan tinggi untuk membantu mencegah kanker. Mampu melawan radikal bebas, juga mengurangi kemungkinan sel yang rusak dan menjadi kanker.

Daun bawang yang memiliki ragam senyawa penangkal kanker seperti senyawa kaempferol, allicin juga belerang. Di mana zat kaempferol dalam daun bawang dihubungkan dengan risiko penyakit kronis selain itu juga mampu mencegah penyebaran sel kanker berkembang.

Baca juga: Rahasia Kulit Awet Muda Wanita Jepang, Patut Dicoba!

4. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun bawang yang tidak hanya enak sebagai penyedap masakan juga memiliki senyawa belerang. Di mana kandungan ini berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan bisa mencegah pernyakit diabetes.

Senyawa belerang yang ada di dalam daun bawang mampu membuat tubuh meningkatkan produksi insulin. Sehingga, secara tidak langsung daun bawang bisa mencegah terjadinya gula darah meningkat.

Di dalam daun bawang juga terdapat phyto-kimia yaitu alil disulfida dan allium. Keduanya memiliki sifat anti diabetes yang mampu meningkatkan metabolisme glukosa juga mencegah degradasi insulin dalam tubuh.

5. Melindungi jantung dan penyakit lainnya

Fakta menunjukkan jika daun bawang kaya akan zat kalium yang bisa meningkatkan kontraktilitas otot jantung. Beberapa penelitian menghubungkan jika alium dengan risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah bisa menurunkan adanya peradangan.

Juga daun bawang memiliki senyawa cycloaliin yang berfungsi untuk melindungi organ jantung dan juga gangguan beragam jenis penyakit lain. Bahkan daun bawang dipercaya memiliki banyak sumber allicin dan tiosulfinat.

Senyawa ini merupakan senyawa sulfur yang bisa mengurangi zat kolesterol, tekanan darah dan mencegah terjadinya gumpalan darah.

Baca juga: 5 Makanan Berbahaya Bagi Penderita Asam Urat, Hindari!

Jadi, sudah jelas ragam manfaat daun bawang bagi kesehatan yang bisa kamu ketahui. Konsumsi daun bawang secukupnya lebih disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh dari penyakit.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close