Umum

5 Manfaat Berjemur Di Pagi Hari, Wajib Diketahui!

Tahukau.comManfaat berjemur di pagi hari yang saat ini sering dilakukan banyak orang memiliki efek yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya orang dewasa saja yang menyukai kegiatan ini, bayi juga sangat dianjurkan untuk dijemur di pagi hari sebelum jam 11 pagi. Dimana waktu berjemur mulai dari jam 8 sampai jam 10 pagi yang baik dilakukan.

Gen merupakan faktor bagaimana manusia memetabolisme sinar matahari saat berjemur seperti jenis kulit. Contoh, orang dengan kulit pucat yang mudah terbakar di matahari cenderung terkena kanker kulit jika terlalu banyak terkena sinar matahari. Karena itu ada beberapa anjuran bagi yang memiliki sensitifitas terhadap sinar matahari, namun bagi yang normal berjemur memang memiliki manfaat yang banyak.

Untuk mengetahui apa saja manfaat berjemur di pagi hari, berikut ulasannya.

Manfaat Berjemur

Simak apa saja manfaat berjemur yang bisa kamu ketahui seperti ulasan di bawah ini:

1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat berjemur di pagi hari yaitu dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mengatur kadar kalsium vital, para ilmuwan telah meneliti jika vitamin D dengan sejumlah fungsi di seluruh tubuh, termasuk fungsi otak. Satu studi menilai kadar vitamin D pada lebih dari 1.700 pria dan wanita yang, berusia 65 tahun atau lebih, lalu menemukan fakta jika fungsi kognitif berkurang pada subjek dengan kadar vitamin D yang jauh lebih rendah.

Namun, banyak penelitian yang menemukan jika sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf yang ada di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, juga menyimpan memori pada manusia.

Baca juga: 5 Khasiat Black Garlic Bagi Kesehatan, Ampuh Obati Penyakit!

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Sebuah fakta yang sudah diketahui, bahwa vitamin D bisa merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang menguatkan tulang dalam tubuh. Penelitian yang muncul menunjukkan adanya hubungan langsung antara kepadatan tulang dan vitamin D3. Vitamin D3 yaitu vitamin yang larut dalam lemak, yang terbentuk selama proses pembuatan Vitamin D, di saat sinar matahari mengenai kulit. Maka mampu mengatur penyerapan kalsium dalam tubuh.

Saat kamu memiliki kadar vitamin D3 yang lebih tinggi dalam darah, maka kamu berisiko lebih rendah menderita patah tulang. Di sisi lain, kadar vitamin D3 yang lebih rendah dalam darah bisa berakibat sebaliknya. Sebaliknya mengapa paparan sinar matahari sangat penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa karena manfaat yang baik bagi tulang.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Saat sinar matahari mengenai mata, maka pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin yaitu hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu tidur ditutup sampai matahari terbenam. Tubuh mendapat sinyal yang jelas jika ini bukan lagi malam dan ini membantu mempertahankan ritme sirkadian yang normal. Di saat gelap di luar, tubuh mendapatkan sinyal lagi dan kamu merasa lelah dan mengantuk dan akhirnya tertidur.

Tingkat produksi melatonin yang rendah di malam hari karena kelebihan produksi di siang hari dihubungkan dengan kualitas tidur yang buruk, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Karena itu berjemur sangat disarankan bagi mereka yang ingin merasakan tidur pulas di malam hari.

Baca juga: 5 Jenis Meditasi Yang Baik Untuk Kesehatan Jiwa, Wajib Dicoba!

4. Menurunkan tekanan darah

Lalu manfaat berjemur di pagi hari yaitu peneliti menemukan jika senyawa yang disebut nitric oxide, yang membantu menurunkan tekanan darah, dilepaskan ke dalam pembuluh darah setelah sinar matahari menyentuh kulit.

Manfaat kesehatan sinar matahari bagi manusia mampu untuk merangsang produksi vitamin D. Dan peneliti juga menemukan bahwa paparan sinar matahari tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan, namun juga memperpanjang umur.

Itu karena manfaat kesehatan dalam menjaga tekanan darah yang stabil relatif rendah, termasuk mengurangi risiko adanya serangan jantung dan juga stroke.

5. Mengurangi gejala alzheimer

Sebuah penelitian klinis menunjukkan pasien Alzheimer yang berjemur sinar matahari sepanjang hari dari jam 9 pagi sampai 6 malam, lebih baik pada kondisi mental dan meningkatkan kondisi beberapa aspek penyakit menjadi lebih sehat.

Bahwa pasien Alzheimer yang berjemur cahaya terang memiliki lebih sedikit gejala depresi, terjaga malam hari, agitasi dan kehilangan lebih sedikit fungsi daripada mereka yang berjemur pencahayaan siang hari yang redup. Para peneliti menemukan adanya kaitan perbaikan dengan ritme sirkadian yang lebih teratur. Sehingga mampu mengurangi gejala alzheimer pada usia lanjut.

Baca juga: 5 Fakta Mie Instan, Penting Bagi Kesehatan!

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai manfaat berjemur di pagi hari, semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close