Umum

5 Makanan Tidak Disarankan Dikonsumsi Bersamaan Dengan Obat, Efek Kesehatan!

Tahukau.comMakanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat tertentu, hal ini bisa berdampak pada kesehatan dan kondisi organ tubuh. Beberapa makanan seperti di bawah ini memiliki resiko jika dikonsumsi bersamaan dengan obat, walau terlihat sepele namun perlu diperhatikan. Secara tidak sadar obat yang memiliki kadar tinggi cukup berdampak jika salah diminum.

Bagi kamu yang memiliki resiko keracunan atau alergi akibat makanan tertentu harus memperhatikan beberapa jenis obat yang akan diminum. Secara normal obat diminum setelah makan, namun tidak untuk beberapa jenis makanan berikut ini.

Simak makanan tidak disarankan dikonsumsi bersamaan obat apa saja yang bisa kamu hindari.

Jenis Makanan Tidak Disarankan Dikonsumsi Bersamaan Obat

Waspada jenis makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obatan tertentu. Setidaknya kamu bisa lebih waspada:

1. Kopi

Makanan yang tidak disarankan dikonsumsi bersamaan dengan obat yaitu kopi. Kopi memiliki risiko yang cukup berbahaya. Hal ini dikarenakan jika dikonsumsi bersamaan khususnya jenis obat antipsikotik yang merupakan obat untuk mengatasi mental seperti penyakit bipolar, skizofrenia, dan lainnya bisa berdampak pada kondisi tubuh lemas, kepala pusing dan keracunan. Bagi pengguna bronkodilator dan minum kopi, bisa menghambat efek alat tersebut ketika dalam keadaan darurat. 

Baca juga: 5 Penyebab Seringnya Keringat Dan Kepanasan, Wajib Tahu!

 2. Sayuran Hijau

Bagi kamu yang mengkonsumsi obat antikoagulan atau obat pengencer darah, disarankan memberi jeda sebelum kemudian makan sayuran hijau seperti bayam, buncis, atau makanan lain yang mengandung vitamin K. 

Vitamin K yang terkandung dalam sayuran hijau ini bisa membuat obat tidak bekerja dengan optimal. Dan tentu hal ini cukup berbahaya, dan juga hindari makan bersamaan dengan telur dan jus cranberry yang memiliki risiko yang sama.

3. Pisang

Jika kamu mengkonsumsi obat jenis ACE, yang berguna untuk mengatasi penyakit seperti hipertensi, serangan jantung, diabetes, atau obat untuk penyakit ginjal maka sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan buah pisang. 

Hal ini karena dalam pisang mengandung zat potasium yang bisa menyebabkan detak jantung berdetak lebih cepat dan tidak teratur. Sehingga cukup berbahaya untuk jenis penyakit di atas.

Baca juga: 5 Khasiat Black Garlic Bagi Kesehatan, Ampuh Obati Penyakit!

4. Susu

Berikutnya makanan yang tidak disarankan dikonsumsi bersamaan dengan obat yaitu susu. Untuk obat jenis antibiotik khususnya jika dikonsumsi bersamaan dengan susu bisa berdampak pada obat itu sendiri. Karena susu mengandung zat kalsium yang bisa merusak efek dari obat jenis antibiotik. Dan untuk olahan susu seperti keju dan yogurt juga dihindari berbarengan bersama obat jenis ini. 

5. Jeruk Bali

Bagi penderita penyakit yang mengkonsumsi seperti obat kolestrol, obat anti-kecemasan, atau obat triazolam yang merupakan obat untuk insmonia. Maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi jeruk Bali, hal ini dikarenakan kandungan dari buah ini yang menimbulkan efek obat tidak bisa dicerna dengan baik dalam darah.

Baca juga: 5 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh, Bermanfaat Ampuh!

Itulah beberapa makanan tidak disarankan dikonsumsi bersamaan obat, semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close