Umum

5 Makanan Berbahaya Bagi Penderita Asam Urat, Hindari!

Tahukau.com – Makanan berbahaya bagi penderita asam urat yang harus dihindari agar tidak menimbulkan gejala semakin meningkat. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian dan jika gejala muncul akan terasa nyeri, bengkak dan kesulitan untuk bergerak. Gejala awal memang mirip seperti gejala rhemautik, namun sendi dan tulang terasa lebih ngilu dan dalam waktu yang cukup lama.

Bagi sebagian penderita apabila salah mengkonsumsi jenis makanan seperti di bawah ini, maka gejala akan cepat muncul dan lama untuk hilang. Hal ini diperlukan terapi atau konsumsi obat penghilang rasa sakit. Asam urat bisa terjadi dikarenakan kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah, hal ini akibat zat purin yang berlebihan. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. 

Untuk itulah, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat. Berikut ini contoh makanan berbahaya bagi penderita asam urat.

Jenis Makanan Yang Harus dihindari Bagi Penderita Asam Urat

Selain karena faktor keturunan, asam urat juga bisa disebabkan dari pola makan yang tidak baik sehingga bisa terjangkiti penyakit ini . Berikut contonh makanan yang harus dihindari:

1. Kacang Tanah

Makanan berbahaya bagi penderita asam urat pertama adalah dengan jenis kacang – kacangan. Seperti kacang tanah memiliki kadar purin yang tinggi dibanding dengan jenis kacang lainnya. Selain memiliki kadar purin yang tinggi, kacang ini memiliki nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita, seperti protein, serat, magnesium, dan vitamin B3.

Namun, karena kandungan purin yang sangat tinggi disarankan hindari mengkonsumsi kacang tanah secara berlebihan agar terhindar dari risiko penyakit asam urat dan kambuhnya gejala tersebut.

Baca juga: Manfaat Aplikasi Halodoc Dalam Menyikapi Penyakit

2. Daging Merah

Daging merah terdapat di dalam sapi, kambing, domba, dan babi. Daging ini memiliki banyak nutrisi seperti hal nya susu. Di dalam daging merah terkandung zat besi, protein, magnesium, vitamin B6, dan masih banyak yang lainnya.

Kandungan protein yang dimiliki daging merah memiliki kandungan purin sangat tinggi seperti makanan laut. Sehingga perlu diperhatikan apabila ingin mengkonsumsinya bagi penderita asam urat tinggi.

3. Makanan Laut

Lalu makanan berbahaya bagi penderita asam urat. yaitu makanan laut memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun bagi penderita asam urat makanan laut memiliki kandungan purin yang tinggi. Satu sisi makanan laut yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, karena kadar purinnya yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi pemicu penyakit asam urat.

Namun tidak semua makanan laut memiliki purin tinggi. Contohnya ikan salmon memiliki purin yang rendah dan kadar protein yang tinggi dan aman jika dikonsumsi untuk penderita asam urat.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal Menghilangkan Stretch Marks, Wajib Diketahui!

4. Daging Unggas

Daging unggas seperti ayam dan bebek umumnya baik untuk dikonsumsi. Namun, daging unggas seperti kalkun dan angsa memiliki kadar purin yang tinggi. Kalkun yang kaya akan protein,sumber vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh, terutama vitamin B dan omega-3. Nutrisi diperlukan tubuh untuk mendukung berbagai aspek kesehatan, termasuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. 

Namun, karena kadar purin yang tinggi tentu hal ini tidak baik untuk penderita asam urat, dan memicu gejala asam urat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Jadi alangkah baiknya di hindari.

5. Susu

Satu lagi makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat yaitu susu. Susu memiliki kadar purin yang bisa membuat asam urat kambuh. Susu yang dikeluarkan dari hewan umumnya mengandung kadar purin yang rendah jika dibandingkan dengan susu kedelai. Nutrisi yang terkandung didalam susu sangat banyak seperti kalsium, protein, vitamin D, zat besi, omega-3, dan omega-6 dan baik untuk tubuh.

Kadar purin yang dimiliki susu tidak terlalu banyak. Bagi yang tidak memiliki riwayat penyakit asam urat, asam urat, susu aman untuk dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Namun, bagi penderita asam urat lebih baik untuk mengurangi takaran dalam mengkonsumsi susu.

Baca juga: Tips Baik Menjaga Pola Hidup Sehat Selama Pandemi

Itulah beberapa makanan berbahaya bagi penderita asam urat. Jika kamu sudah memiliki riwayat penyakit in alangkah baiknya untuk mengkonsumsinya dalam jumlah seperlunya saja.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close