Umum

5 Kuliner Khas Betawi Yang Terkenal, Wajib Dicoba!

Tahukau.com – Kuliner khas Betawi yang terkenal tidak hanya secara nasional namun juga mancanegara sudah mulai dipasarkan beberapa jenis makanan dari Jakarta ini. Bagi pecinta kuliner daerah tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis makanan seperti dalam artikel ini.

Selain dikenal karena keunikannya, juga memiliki cita rasa nikmati yang tidak kalah dari makanan yang ada di resto terkenal. Makanan tradisional ini terbilang terjangkau harganya, dan sudah menjadi santapan sehari – hari sebagian pecinta makanan.

Ingin tahu apa saja jenis kuliner khas Betawi yang terkenal, simak berikut ini beberapa diantaranya.

Kuliner Khas Betawi Terkenal

Ini dia kuliner lezat dan terkenal khas betawi yang harus kamu dicoba. Simak ulasannya berikut ini!.

1. Nasi Uduk

Kuliner khas Betawai pertama ada nasi uduk yang populer sebagai menu sarapan dan menjadi salah satu kuliner khas betawi. Makanan ini sudah ada sejak tahun 1910-an. Orang Belanda kala itu menyebut nasi uduk dengan nama jaloerse rijst. Nasi uduk adalah olahan nasi yang terasa gurih karena diaron dan dikukus dengan menggunakan santan kelapa.

Nasi uduk dicampur dengan menggunakan bahan Рbahan lainnya seperti pala, kayu manis, jahe, serai, daun jeruk,  dan merica. Dalam penyajiannya, nasi uduk sering dihidangkan dengan pelengkap tambahan seperti emping goreng, tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, atau  telur dadar yang diiris kecil dan tipis juga sambal. Nasi uduk akan lebih nikmat ditambah lalapan seperti mentimun.

Baca juga: 5 Makanan Khas Lebaran Cocok untuk Di Hidangkan

2. Soto Betawi

Selanjutnya kuliner khas Betawi yang terkenal yaitu Soto. Sebuah hidangan yang populer di berbagai daerah di Indonesia. Orang betawi juga memiliki soto khasnya tersendiri, yang dikenal dengan nama soto betawi. Berdasarkan sejarah, orang pertama kali yang mempopulerkan soto betawi yaitu Lie Boen Po yang menjualnya di daerah Lokasari.

Soto betawi terdiri dari bahan utama daging sapi atau jeroan beserta organ lainnya seperti mata, torpedo, atau hati. Sementara kuah yang dipakai yaitu kuah kental berupa campuran dari santan dan susu sehingga membuat cita rasa soto ini menjadi sangat khas dan sedap. Soto betawi biasa dinikmati bersama dengan nasi putih hangat dan ditambah emping di atasnya.

3. Kerak Telor

Makanan satu ini juga sudah dieklan banyak kalangan, namanya Kerak telor menjadi kuliner yang paling ikonik dari kota Jakarta. Makanan ini sudah ada sejak era kolonial Belanda. Namun ada juga yang menyebut jika kerak telor diciptakan oleh seorang pribumi yang berasal betawi pada tahun 1970-an. Di zaman dulu, kerak telor menjadi hidangan yang disajikan saat ada pesta untuk menyambut orang – orang penting.

Dengan perkembangan zaman, saat ini kerak telor lebih banyak ditemui pada pedagang kaki lima. Makanan ini terbuat dari bahan seperti beras ketan putih, telur ayam, serta ebi atau udang kering lalu ditambah bumbu seperti bawang goreng, cabai merah, dan kelapa sangrai. Cara memasaknya yaitu dengan dimasak diatas tungku sampai adonan gosong dan berkerak.

Baca juga: Bisnis Makanan Yang Populer serta Laris untuk dijual

4. Gado-Gado

Lalu kuliner khas Betawi yang terkenal yaitu gado – gado dengan salad ala betawi. Nama kuliner gado – gado ini terdiri dari bahan utama seperti macam sayuran yang dilumuri dengan saus kacang sehingga akan tampak seperti sajian salad. Sayuran ini dimasak dengan cara direbus dan seringnya dimakan bersama nasi putih atau lontong.

Sayuran yang dipakai untuk membuat gado – gado cukup beragam, mulai dari selada, kubis, kacang panjang, wortel, mentimum, sampai kentang. Gado – gado seringkali ditambah pelengkap lain seperti telur, tempe, dan tahu. Semua bahan tersebut direbus lalu disiram dengan saus kacang yang terbuat dari kacang tanah yang dihaluskan beserta bumbu.

5. Ketoprak

Ketoprak menjadi makanan khas betawi lainnya dengan menggunakan ketupat sebagai bahan utamanya. Ada yang menyebut penamaan ketoprak merupakan singkatan dari ketupat dan tauge yang digebrak. Makanan ini biasa disajikan oleh pedagang kaki lima di pagi hari dan menjadi menu sarapan yang cukup populer di Jakarta sampai saat ini.

Selain bahan utamanya ketupat, ketoprak bisa ditambahkan bahan lain seperti bihun, tauge, mentimun, dan tahu. Semua bahan kemudian disiram dengan bumbu saus kacang yang terbuat dari campuran kacang tanah, bawang putih, dan cabai yang sudah dihaluskan. Ketoprak juga sering disajikan bersama emping atau kerupuk.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Hangout Kekinian Di Jakarta, Patut Dicoba

Nah, demikian beberapa 5 kuliner khas Betawi yang terkenal, sekali kamu mencoba pasti akan ketagihan karena makanan tersebut selain murah juga enak rasanya. Selamat mencoba!

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close