Pendidikan

5 Kiat Belajar Lebih Mudah Dan Menyenangkan, Patut Dicoba!

Tahukau.comKiat belajar lebih mudah dan menyenangkan tentu menjadi dambaan setiap pelajar yang masih bersekolah, entah itu sekolah tingkat dasar sampai bangku kuliah. Namun, banyak orang dengan pola belajar yang salah menimbulkan belajar menjadi bosan dan malas, tentu hal ini yang bisa mempengaruhi nilai akhir dalam pembelajaran akademik di sekolah.

Biasanya seorang pelajar pasti tidak asing lagi dengan yang namanya stres saat belajar. Tentu, hal itu bisa membuat kamu menjadi tertekan, terutama jika sedang menyiapkan ujian akhir yang notabene banyak yang harus dipelajari. Namun, itu semua karena kita tidak tahu kiat belajar yang tepat dan efektif.

Nah, berikut ini ada beberapa cara dan kiat belajar lebih mudah dan menyenangkan yang bisa kamu coba di rumah.

Kiat Belajar Yang Mudah dan Menyenangkan

Jika kamu tidak merubah bagaimana cara belajar, maka tentu akan kewalahan saat harus mempelajari materi yang banyak sebelum ujian. Sehingga dengan kiat belajar yang baik tentu penting jika kamu berharap mendapatkan nilai yang terbaik. Simak, berikut kiat tepat belajar menyenangkan:

1. Mulailah Belajar Lebih Awal

Saat menghadapi ujian, jangan pernah menunggu sehari esok atau nanti untuk belajar. Tidak ada salahnya memulai lebih awal dan memastikan jika kamu telah mengerti semua materi dengan baik. Itu kiat belajar lebih mudah dan menyenangkan pertama yang bisa kamu coba.

Jika kamu terus menunda dan baru bisa belajar sehari sebelum ulangan, maka hasil yang didapat tidak akan sebaik orang yang sudah belajar sebelumnya. Terlalu menuntut dirimu jika harus menghafalkan 1 buku dalam waktu semalam itu juga sangat melelahkan, jadi pastikan jika kamu mulai belajar lebih awal atau mencicilnya.

Pergunakan sehari sebelum ujian untuk mengerjakan latihan soal dan membaca materi kembali. Lalu, pastikan bahwa kamu mendapatkan tidur yang cukup supaya lebih siap untuk ujian esok harinya.

Baca juga: √ Top 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Android 2019

2. Kenali Gaya Belajar Kamu

Tentu setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Satu metode pembelajaran bisa jadi lebih cocok untuk kamu daripada orang lain. Karena itu, kamu harus mengenali gaya belajar yang paling tepat untuk dilakukan.

Jika kamu termasuk orang visual, maka kamu paling cocok belajar dengan cara membaca. Namun, jika kamu memiliki gaya belajar auditori, maka paling tepat dengan cara mendengarkan. Jika kamu memiliki gaya belajar secara kinestetik, maka kamu paling cocok belajar dengan menggunakan gerakan. Atau kamu bisa mengkombinasikan diantara cara tersebut untuk mempermudah cara belajar.

3. Fokus

Kunci belajar dengan efektif yaitu fokus. Kamu harus fokus saat belajar di rumah dan juga di sekolah. Jika tidak bisa fokus, maka kamu tidak bisa menggunakan waktu belajar dengan baik dan efekif.

Saat belajar di sekolah, pastikan memperhatikan materi yang disampaikan dengan seksama. Itu akan membantu dalam belajar lebih cepat di rumah karena kamu sudah mengerti akan materinya. Kamu tidak harus mempelajarinya dari awal atau mengulang secara teliti.

Lalu, hindari menggunakan media sosial dan televisi yang dapat mengalihkan perhatians aat belajar di rumah. Manfaatkan waktu belajar optimal di rumah sehingga fokus belajar bisa kamu kuasai dengan baik.

Baca juga: Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Kemendikbud

4. Buat Catatan Kecil

Saat kamu menghadapi ujian yang lebih berat seperti ujian akhir semester, terkadang materi yang harus kamu hafal meliputi satu buku penuh. Tentu hal ini akan memberikan beban yang sangat berat, terutama saat kamu memiliki banyak pelajaran yang lain. 

Untuk menghindari itu, kiat belajar lebih mudah dan menyenangkan yaitu kamu bisa membuat catatan kecil setiap kamu belajar di kelas atau belajar dalam ulangan setiap bab. Sehingga, kamu bisa memiliki rangkuman untuk setiap bab yang sudah dipelajari. Dan tidak harus menghafalkan satu buku penuh atau membuat rangkuman dari awal karena kamu sudah mengumpulkan catatan tersebut sebelumnya.

5. Tetapkan Target Belajar

Dengan memastikan jadwal belajar teratur, maka kamu harus menetapkan target dan disiplin mengikutinya. Ini akan mendorong untuk mulai belajar lebih awal secara teratur.

Pertama, tentukan kapan kamu ingin mulai belajar. Jika kamu memiliki banyak mata pelajaran dan materi, maka kamu bisa belajar setiap hari atau mencicil sebelum ulangan itu.

Lalu, tentukan pelajaran apa yang kamu akan dipelajari untuk hari atau jam tertentu. Rencanakan jadwal dan ikuti target itu. Jika kamu bisa mengikuti jadwal secara teratur, proses pembelajaran akan menjadi lebih tertib dan kamu akan jauh lebih siap.

Nah, itu dia cara dan kiat belajar lebih mudah dan menyenangkan yang bisa kamu coba terapkan. Semoga bermanfaat ya!.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close