Umum

5 Khasiat Black Garlic Bagi Kesehatan, Ampuh Obati Penyakit!

Tahukau.comKhasiat black garlic bagi kesehatan sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahan alami yang berasal dari tanaman bawang ini semakin banyak diminati orang untuk kesehatan tubuh. Black garlic tidak hanya dikenal di negara Cina dan Eropa saja, di Indonesia sendiri black garlic dicari untuk meningkatkan stamina tubuh sehingga imun menjadi terjaga.

Black garlic sendiri adalah bawang putih yang dilakukan fermentasi sebelumnya selama 35-40 hari sehingga warnanya berubah menjadi hitam. Karena warna hitamnya yang membuat tanaman ini berkhasiat sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengetahui apa saja khasiat black garlic bagi kesehatan, cari tahu ulasannya di bawah ini.

Khasiat Black Garlic Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak ingin sehat?, tentu saja setiap orang ingin sehat dan demi menjaga kesehatannya banyak jenis bahan alami yang dikonsumsi untuk menjaga tubuh tetap bugar. Berikut beberapa manfaat dari black garlic sebagai bahan alami yang bisa kamu coba:

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu khasiat black garlic bagi kesehatan yang sudah dikenali banyak orang yaitu bisa menjaga kesehatan organ jantung. Dalam beberapa penelitian didapatkan jika hasil konsumsi bawang putih segar dan bawang putih yang berwarna hitam yang sudah difermentasi mempunyai efektivitas yang sama dalam menjaga kesehatan jantung. Manfaatnya antara lain yaitu menurunkan resiko penyakit jantung dan mampu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. 

Baca juga: 8 Tanaman Herbal Menghilangkan Stretch Marks, Wajib Diketahui!

2. Mengandung zat antioksidan

Sudah dikenal jika zat antioksidan merupakan senyawa penting yang bisa menangkal tubuh dari radikal bebas yang baik. Menurut informasi yang dikutip dari Journal of Food and Drug Analysis, bawang putih memang mengandung kandungan antioksidan, namun bawang putih yang sudah difermentasi dan warnanya berubah menjadi hitam memiliki antioksidan dengan kadar yang lebih tinggi dibanding yang belum difermentasi.

3. Menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah

Glukosa memiliki peran penting dalam tubuh, khususnya untuk metabolisme. Namun jika kadar glukosa yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan adanya penyakit, salah satunya yaitu diabetes. Dikutip dari berita Dr Axe selain bisa menurunkan kadar kolesterol ternyata black garlic juga bisa menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah sehingga tetap berada pada ambang normal. 

Baca juga: 5 Tanaman Terbaik Untuk Indoor, Menyerap Racun Di Rumah!

4. Meningkatkan imun tubuh

Berikutnya khasiat black garlic bagi kesehatan dalam sistem imunitas sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Sistem imun yang kuat dan sehat mampu melawan bakteri juga virus yang akan menyerang kekebalan tubuh. Selain mengandung zat antioksidan yang mampu mencegah kanker, black garlic juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit.

5. Melawan sel kanker

Black garlic yang mengandung senyawa yang bisa melawan pertumbuhan sel kanker berkembang dalam tubuh. Kandungan dari kandungan antioksidan terbukti bisa menekan pertumbuhan sel kanker ini. Selain antioksidan, black garlic juga mengandung senyawa bahan fenolik yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bawang putih segar biasa. Sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dari beberapa manfaat black garlic tentu sudah bis diketahui keampuhannya dalam menjaga kesehatan tubuh, sehingga baik untuk dikonsumsi secara teratur. Demikianlah khasiat black garlic bagi kesehatan yang bisa diketahui. 

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close