Umum

5 Kesalahan Memakai Masker Yang Wajib Diketahui

Tahukau.com – Kesalahan memakai masker yang sering tanpa disadari setiap orang, hal ini yang belum banyak diketahui. Padahal, dampaknya selama pandemi masih mewabah tentu saja cukup berbahaya. Karena itu panduan menggunakan masker wajib dipelajari dan dipahami.

Saat ini jenis masker yang paling efektif dalam hal mencegah infeksi COVID-19 adalah N95, namun masker jenis ini lebih ditujukan pemakaiannya bagi tenaga medis juga kesehatan. Kita yang bukan tenaga medis hanya bisa menggunakan masker kain dan sejenisnya. Menurut penelitian, masker kain juga bisa menangkal virus sampai 70 persen dan membantu untuk mengurangi risiko terinfeksi COVID-19.

Karena itulah penting untuk mengetahui bagaimana menggunakan masker dengan baik. Dan perlu juga mengetahui kesalahan memakai masker seperti uraian di bawah ini.

Kesalahan Memakai Masker Kain

1. Menyemprot Masker Dengan Disinfektan

Kesalahan memakai masker pertama yaitu dihimbau untuk tidak membersihkan masker kain mengunakan disinfektan atau pemutih. Berdasar para ahli tidak merekomendasikan dengan cara tersebut, karena bahan kimia dari disinfektan dan pemutih bisa menyerap pada serat kain dan berisiko menyebabkan masalah pernapasan saat seseorang memakai masker tersebut. Sebaiknya membersihkan masker kain, cukup rendam masker dengan air hangat dan detergen beberapa saat, lalu cuci dan jemur.

Saat kamu tiba di rumah, maka langsung lepas masker yang dipakai dan dan direndam lalu dicuci bersama dengan pakaian yang dikenakan dengan air yang sudah diberi detergen. Hindari menggantung masker yang sudah tidak dipakai.

2. Memakai Masker Tanpa Diganti

Masker kain sebaiknya tidak digunakan dalam waktu lebih dari 4 jam. Hal ini dikarenakan masker kain tidak seefektif dari masker N95 atau masker bedah dalam menyaring partikel kecil seperti virus. Masker kain biasanya terbuat dari bahan yang dapat menyerap air. Hal inilah yang membuat percikan droplets orang lain bisa terserap dan bertahan lebih lama pada masker kain.

Sebab itu, mengganti masker kain dengan yang baru setelah pemakaian selama 4 jam sangat penting. Juga hindari menyentuh menyentuh bagian luar masker saat hendak dilepas. Gunakan tali pada masker kain saat akan menggunakan juga melepasnya. Pastikan juga mencuci tangan dengan sabun atau gunakan hand sanitizer saat akan memasang masker kembali.

3. Menyentuh Masker

Berikutnya kesalahan memakai masker yaitu jangan menyentuh bagian luar masker yang sedang digunakan. Hal ini dikarenakan bagian luar masker menjadi tempat yang mudah terkontaminasi virus dan dapat menyebarkan virus pada permukaan lain. Jika menyentuhnya, hal ini bisa meningkatkan risiko penyebaran virus pada masker yang digunakan tersebut. Dimana tangan menjadi sumber penyakit dan virus yang menempel. Selain itu, hindari untuk melepas masker dengan menyentuh bagian depannya. Selalu lepaskan masker menggunakan tali di sisi atau bagian belakang pada masker.

4. Masih Ada Celah Udara

Kesalahan berikutnya dalam menggunakan masker kain yaitu masih adanya celah bagi udara untuk masuk. Hindari memberi ruang udara untuk masuk di antara wajah dan masker kain yang digunakan. Pastikan agar sisi samping kanan dan kiri juga bagian atas dan bawah pada masker kain tertutup rapat.

Sering kali menjumpai menggunakan masker dengan kondisi yang masih terbuka, hal ini justru akan membuat celah virus masuk melakui celah masker. Karena itu baiknya memakai masker memilih masker dengan bahan terbaik yang bisa menutup semua daerah mulut, hidung, dagu.

5. Masker Tidak Menutup Hidung

Dan kesalahan lainnya yaitu yang umum terjadi dalam penggunaan masker ketika meletakkannya di bawah hidung. Saat menggunakan masker, pastikan kalau masker sudah terpasang dalam posisi yang pas, yaitu menutupi daerah hidung dan mulut tanpa ada celah.

Gunakan masker sampai hidung tertutup sempurna. Hindari memasang masker di bawah hidung. Karena jika masker hanya menutupi area mulut sementara hidung tidak tertutup dengan sempurna, maka virus masih bisa masuk melalui lubang hidung yang tidak tertutup oleh masker tersebut.

Demikianlah beberapa contoh yaitu 5 kesalahan memakai masker yang patut diketahui. Semoga menjadi manfaat.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close