Umum

5 Jenis Meditasi Yang Baik Untuk Kesehatan Jiwa, Wajib Dicoba!

Tahukau.com – Jenis meditasi yang baik untuk kesehatan jiwa seseorang kini banyak dilakukan kaum urban. Salah satu manfaat penting yang bisa dirasakan dengan meditasi ini yaitu ketenangan jiwa. Selain itu juga meditasi bisa memberikan kesegaran bagi pikiran sehingga menurunkan kadar stres akibat akivitas sehari – hari.

Tidak dipungkiri di sebagian kota besar di Indonesia saat ini memiliki kesibukan yang luar biasa padat juga penuh tekanan. Tidak hanya di jalan raya, di tempat kerja, ekonomi dan kehidupan sehari – hari. Rasa stres yang kian menumpuk tentu bisa membahayakan seseorang, karena hal ini bisa menyebabkan depresi dan akhirnya kemunduran dalam menjalani kehidupan.

Karena itu, berikut ini beberapa jenis meditasi yang bisa kamu ketahui yang berguna untuk mengatasi stres dan menyegarkan pikiran.

Jenis Meditasi Bagi Kesehatan

Meditasi adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan tubuh juga pikiran dari padatnya aktivitas sehari – hari. Dengan melakukan meditasi, maka pikiran dan tubuh akan terasa lebih segar juga tenang. Berikut contoh jenis meditasi yang bisa kamu coba lakukan:

1. Meditasi Gerak

Jenis meditasi pertama adalah meditasi gerak, dimana yang tidak selalu duduk diam dalam satu tempat. Jika kamu merupakan tipe orang yang sulit untuk berdiam diri, maka meditasi sudah pasti meditasi satu ini cocok dilakukan.  Meditasi gerak yaitu jenis meditasi yang dilakukan sambil melakukan gerakan dan menciptakan kesadaran seseorang.

Kamu bisa mencari tempat tenang yang bisa memberikan energi seperti di taman atau kebun. Kamu bisa berjalan santai dan nikmati gerakan juga interaksi antara tubuh dengan alam sekitarnya. Dengan menarik nafas sekali – kali dan hembuskan perlahan.

Baca juga: 5 Jenis Game Untuk Lampiaskan Emosi, Wajib Dicoba!

2. Meditasi Transendental

Meditasi transendental bertujuan untuk menghindari adanya pikiran negatif dengan mengulang kalimat mantra dalam pikiran juga hati. Untuk melakukannya, kamu cukup duduk rileks dan tenang. Pejamkan mata dan atur napas secara teratur. Lalu, kamu ucapkan mantra dalam hati secara berulang tanpa memikirkan hal lain yang ada di sekitar.

Sangat baik jika mantra yang diucapkan adalah hal spesifik yang membuat kamu bahagia. Contohnya mengucapkan mantra yang bertujuan untuk mengatasi rasa cemas dan takut.

3. Meditasi Spiritual

Sesuai dengan namanya, meditasi spiritual lebih mengutamakan hubungan dengan Tuhan pemilik semesta. Dengan meditasi ini, kamu bisa mengenal diri lebih mendalam dan cara pandang terhadap dunia yang ada.

Dalam melakukan meditasi spiritual, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dan umumnya membutuhkan bantuan dari sang ahli.  Melalui meditasi ini kamu bisa mendapatkan ketenangan dan juga pengalaman yang bisa meningkatkan keyakinan spiritual secara mendalam.

Baca juga: Tips Baik Menjaga Pola Hidup Sehat Selama Pandemi

4. Meditasi Mantra

Lalu jenis meditasi yaitu meditasi mantra yang serupa dengan meditasi transendental. Hanya meditasi mantra ini juga mengharuskan untuk mengucap mantra. Namun pada meditasi ini, kamu harus melafalkan mantra yang sudah diberikan sebelumnya. 

Meditasi mantra sangat cocok bagi yang tidak menyukai keheningan dan senang dengan adanya repetisi. Bunyi dan pelafalan kata akan membuat kamu lebih fokus daripada hanya suara napas saja. Sehingga kamu akan lebih merasa tenang dan juga fokus.

5. Meditasi Kesadaran

Sebuah meditasi ini tidak memfokuskan perhatian pada satu titik. Justru, dengan meditasi ini, pikiran dan perasaan dibiarkan begitu saja melewati dalam dirimu.

Meditasi kesadaran berhubuhgan dengan kesadaran saat sebuah kejadian berlangsung. Dalam hal ini, menyadari setiap apa yang dilakukan dan setiap tarikan napas.

Meditasi yang bertujuan agar kamu bisa lebih menikmati segala kegiatan yang sedang dijalani. Seperti, saat makan, cobalah untuk menikmati setiap suapannya, rasa, juga aroma makanan yang ada. Atau saat kamu sedang membersihkan rumah coba sadari dan rasakan setiap gerakan tanpa gangguan dari televisi atau handphone yang digunakan.

Secara kesehatan meditasi memang baik untuk mengatur tingkat emosi, pikiran dan juga gerakan yang bisa membuat perasaan jauh lebih rileks. Semoga contoh dari jenis meditasi di atas bisa kalu coba lakukan dan rasakan perubahan dalam diri setiap harinya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close