Bisnis

5 Fakta Mie Instan, Penting Bagi Kesehatan!

Tahukau.com – Fakta mie instan yang bagi sebagian orang mungkin sudah mengetahuinya, disamping faktor kesehatan juga kandungan dalam mie instan yang memiliki bahan tertentu. Karena itu penting diketahui dibalik kenikmatan menyantap mie, karena untuk riwayat penyakit seperti lambung atau maag mie dikonsumsi setiap hari tentu tidak baik.

Banyak orang memang sangat menyukai mie instan ini, selain enak harganya juga terjangkau. Umumnya untuk anak kos lebih menyukai mie instan karena praktis, kapan sana bisa diseduh atau dimasak sesuai selera. Artikel berikut akan membahas mengenai fakta – fakta di balik kelezatan mie instan yang bisa kamu ketahui.

Contohnya seperti uraian di bawah ini, fakta mie instan, penting bagi kesehatan.

Fakta Mie Instan

Kiranya bahan apa saja dalam mie instan yang membuat orang berpikir makanan satu ini menjadi makanan yang berbahaya bagi kesehatan?. Telusuri penjelasannya :

1. Kandungan Natrium Sangat Tinggi

Fakta mie instan, penting bagi kesehatan yaitu tidak bisa berlebihan dan tidak boleh dilakukan oleh penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan kandungan natrium yang terkandung dalam satu bungkus mie instan sangat tinggi yaitu berkisar antara 600-1500 mg. Sementara orang yang sehat hanya dianjurkan mengkonsumsi natrium sebanyak 1500 mg per hari.

Jika kamu mengkonsumsi mie instan satu bungkus dalam sehari, maka untuk selanjutnya kamu tidak boleh makan makanan atau minuman kemasan dan tidak makan makanan yang mengandung garam dapur. Karena garam dapur dan makanan berkemasan mengandung natrium tinggi, sehingga bisa menambah asupan natrium yang tentunya buruk bagi kesehatan kamu.

Baca juga: √ Cara Memilih Mesin Pembuat Mie yang Tepat

2. Terlalu Sering Makan Mie Instan Menyebabkan Penyakit Jantung

Mengkonsumsi mie instan bisa mengakibatkan sakit jantung hal ini bukanlah sebuah isapan jempol belaka. Beberapa penelitian dan studi yang membuktikan jika makan mie instan terlalu sering bisa menyebabkan seseorang mengalami berbagai penyakit jantung, jantung koroner, gagal jantung dan stroke. Dan penelitian yang dilakukan di Korea selatan dengan melibatkan sebanyak 10 ribu orang, menunjukkan jika makan mie instan terlalu sering menjadi salah satu penyebab dari penyakit diabetes melitus.

Profesor bidang gizi dan epidemiologi dari Harvard School of Public Health menerangkan jika sebenarnya tidak masalah mengkonsumsi mie instan sekali atau dua kali hanya dalam sebulan, namun jika setiap minggu dilakukan, maka hal tersebut yang akan berisiko menimbulkan berbagai penyakit degeneratif yang bisa saja membahayakan.

3. Air Rebusan Mie Instan Tidak Berbahaya

Ada yang berkata jika air rebusan mie instan berbahaya dan jangan digunakan dalam penyajiannya. Padahal dalam air rebusan mie instan tersebut mengandung zat gizi yang telah ditambahkan sebelumnya, seperti zat besi, zinc, vitamin A, dan lainnya. Saat proses merebus, sebagian zat gizi larut dalam air lalu hilang kadarnya dari mie instan.

Sebab itu, cukup aman dan jangan takut untuk menggunakan air rebusan mie instan. Namun tetap perhatikan, makan mie instan tidak boleh terlalu sering karena mie instan bukan makanan penuh dengan zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: 5 Makanan Berbahaya Bagi Penderita Asam Urat, Hindari!

4. Mengandung Bahan Pengawet dan Penyedap Rasa Berbahaya?

Selanjutnya fakta mie instan, penting bagi kesehatan berdasarkan informasi dari DR. dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK menrengkan jika bahan pengawet yang dipakai dalam produk mi instan yang sudah terdaftar di BPOM RI yaitu seperti natrium benzoat. Natrium benzoat menjadi  bahan pengawet khusus makanan yang telah lulus uji sehingga tidak berbahaya.

Dokter spesialis gizi klinik, Dr. Juwalita Surapsari, Sp. GK juga menjelaskan jika kandungan penyedap rasa dalam produk mie instan seperti monosodium glutamate (MSG) berjumlah sedikit sesuai dengan batasan BPOM RI.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan jika MSG berbahaya apabila dikonsumsi dalam jumlah besar dan dimasukkan ke dalam tubuh melalui suntikan, bukan melalui makanan.

Pengawet dan penyedap rasa dalam mie instan bisa berbahaya jika mie instan dikonsumsi secara terus setiap pagi, siang, dan malam.

Dan jika seseorang mengkonsumsi mie instan terlalu sering maka zat pengawet, penyedap, dan zat lain akan menumpuk dalam tubuh. Penumpukan zat tersebut yang tidak dapat dicerna baik oleh tubuh.

5. Merebus Mie Bersama Bumbu Bisa Menyebabkan Kanker?

Belum ada penelitian yang menyatakan apabila mie instan secara langsung menjadi faktor penyebab kanker. Kanker sendiri adalah jenis penyakit dengan multi faktor sehingga sulit dikatakan satu faktor menjadi penyebab terjadinya kanker.

Sedangkan DR. dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK menjelaskan jika mie instan bisa menjadi saja menjadi pemicu terbentuknya kanker apabila dikonsumsi secara berlebihan setiap hari.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Disarankan Tidak Dipanaskan Kembali, Mempengaruhi Kesehatan!

Di dalam mie instan sendiri terdapat kandungan natrium karbonat yang mana jika terkena suhu tinggi maka bisa memicu terjadinya kanker.

Demikian fakta mie instan, penting bagi kesehatan yang patut diketahui. Semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close