Bisnis

5 Fakta Keju Mozzarella, Mengejutkan!

Tahukau.com – Fakta keju mozzarella yang belum diketahui banyak orang, selain kaya manfaat nutrisi, keju ini juga memiliki jenis yang beragam. Keju mozarella memang sudah dikenal dari dahulu, menjadi olahan berbagai jenis makanan juga kandungan vitaminnya yang kaya juga menyehatkan. Karena kelezatannya keju ini selalu menjadi tampilan menu Eropa, China, Amerika dan juga Indonesia.

Keju Mozzarella sendiri berbeda dengan keju jenis umumnya, karena keju ini berasal dari susu hewan kerbau bukan sapi. Mozzarella juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dimana dalam satu ons keju mozzarella mengandung ukuran 183 miligram kalsium. Dimana keju ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang. 

Selain kaya manfaat, ketahui apa saja fakta keju mozzarella seperti ulasan di bawah ini:

Fakta Keju Mozarella

Keju mozzarella memang menjadi makanan populer dan disajikan sebagai topping berbagai jenis olahan makanan seperti roti, ayam, pasta, dan sebagainya. Hal ini terbukti dengan meningkatnya daya tarik makanan dengan menggunakan keju ini.  Berikut kenali fakta unik dan menarik keju mozzarella yang tidak banyak orang ketahui.

1. Keju Mozzarella Berasal Dari Susu Kerbau

Tahukah kamu fakta keju mozarella pertama yaitu tempat penghasil utamanya, mozzarella dibuat dari susu kerbau dan bukan susu sapi. Tepatnya berada di Campania, Italia, 500 tahun yang lalu keju mozzarella dibuat pertama kali dengan menggunakan susu kerbau.

Penggunaan susu kerbau dianggap lebih baik daripada susu sapi. Hal ini karena kandungan protein kerbau sekitar 10-11% lebih banyak daripada susu sapi.

Penggunaan susu kerbau juga akan membuat keju memiliki tekstur halus dan memiliki konsistesi yang lebih tebal. Juga memudahkan proses pengolahan keju mozzarella. 

Di wilayah Italia seperti, Lazio, Sardinia, dan Abruzzo membuat keju mozzarella dengan menggunakan susu domba. Keju mozzarela ini biasa dinamakan mozzarella pecorella.

Baca juga: Bisnis Makanan Yang Populer serta Laris untuk dijual

2. Alasan Di Balik Nama Mozzarella

Tahukah kamu dari mana nama mozzarella berasal?. Nama mozzarella sendiri merupakan gabungan kata dari dialek Neapolitan, yaitu mozze yang artinya memotong dan rella yang artinya alang-alang. Kedua kata tersebut diambill dari cara pembuatan keju mozzarella sendiri, yaitu susu kerbau yang difermentasi yang diolah dengan cara dipotong dengan menggunakan alang-alang. 

Rasa keju mozzarella yang dibua dengan cara demikian terasa begitu berbeda, lebih halus dan harum wanginya.

3. Tidak Dianjurkan Bagi Orang Dengan Masalah Pencernaan

Mozzarella memang memiliki kaya manfaat bagi tubuh, namun keju satu ini disarankan dihindari untuk orang-orang yang memiliki masalah pada pencernaan seperti sakit lambung. 

Proses keju umumnya dilakukan dengan pematangan pada keju umumnya yang mana memecah kasein menjadi asam amino juga pepton sehingga mudah dicerna. Namun hal ini tidak terjadi dalam pembuatan keju mozzarella. 

Beberapa orang akan kesulitan mengkonsumsi kasein dalam kondisi yang masih utuh. Hal ini bisa menyebabkan sakit perut pada beberapa individu yang tidak dapat mencerna kasein secara baik.

Baca juga: 5 Burger Dengan Cita Rasa Unik Dan Lezat, Rekomendasi Top!

4. Tinggi Lemak Tapi Rendah Kalori

Berikutnya fakta keju mozzarella yaitu makanan yang berbahan dasar susu dengan kandungan lemak yang tinggi. Apalagi jika itu diperoleh dari susu sapi dan kerbau.

Dan jika kamu menemukan produk mozzarella yang terbilang bebas lemak atau rendah lemak, sebaiknya kamu tidak membelinya.

Walau mozzarella memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, namun tidak membuatnya menjadi keju yang berbahaya. Karena, keju ini memiliki kandungan kalori yang lebih rendah jika dibanding keju lain seperti keju cheddar dan sebagainya.

5. Tempat Terbaik Untuk Penyimpanan

Umumnya jika kamu meletakkan keju pasti lemari pendingin bukan?, namun hal tersebut tidak berlaku untuk mozzarella. karena jika kamu menyimpan keju ini di dalam lemari es, maka itu suatu hal yang salah.

Keju mozzarella tidak boleh disimpan di dalam kulkas yang memiliki suhu dibawah 18 derajat. Hal tersebut bisa mengurangi kualitas dari mozzarella. Karena keju ini akan terasa lebih enak jika dinikmati dalam lembu sebelum dimasak, dan berserabut setelahnya. Rasanya yang cukup lunak namun tidak terasa kenyal dan keras. 

Baca juga: 5 Makanan Khas Lebaran Cocok untuk Di Hidangkan

Nah, itu dia beberapa fakta keju mozzarella yang bisa kamu ketahui, semoga menjadi manfaat.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close