Bisnis

5 Dampak Kosmetik Palsu, Bahaya Pada Kulit Yang Patut Diketahui!

Tahukau.comDampak kosmetik palsu yang berbahaya bagi kulit tentu merugikan bagi siapa saja yang memakainya, khususnya wanita. Buat kamu para cewek yang menggunakan kosmetik bijaklah dalam memilih mana kosmetik asli dan mana yang palsu. Harga memang terpaut berbeda jauh, namun untuk kualitas sudah tentu yang asli lebih aman dan sehat.

Sebagian orang di Indonesia masih beranggapan bahwa kulit yang cantik adalah kulit yang cerah dan putih bersih, maka tidak heran jika banyak yang kemudian menggunakan produk pemutih kulit dengan harapan bisa mendapatkan kulit putih. Walau produk pemutih bisa mengurangi produksi melanin dan membuat kulit terlihat lebih cerah, namun ini tidak bisa didapatkan dalam waktu yang singkat.

Hal ini lantas dimanfaatkan sejumlah oknum untuk membuat produk pemutih palsu yang mengklaim bisa membuat kulit menjadi lebih putih dalam waktu singkat. Tentu saja jika pemakaiannya berlangsung lama bisa menyebabkan banyak masalah, diantaranya yang akan dibahas berikut ini mengenai dampak kosmetik palsu.

Dampak Kosmetik Palsu Bagi Kulit

Banyak orang tergiur dan memilih menggunakan produk pemutih palsu. Padahal, pemutih ini tentu memiliki risiko yang berbahaya bagi kesehatan, seperti berikut contoh di bawah ini:

1. Jerawat Steroid

Dampak kosmetik palsu pertama yaitu timbul jerawat steroid. Krim pemutih kulit yang mengandung kortikosteroid bisa menyebabkan gejala jerawat steroid pada kulit. Jerawat steroid akan muncul di area dada, namun juga bisa muncul di punggung, lengan, juga bagian tubuh lainnya dengan penggunaan kortikosteroid jangka yang panjang.

Beberapa gejala yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan kortikosteroid, seperti muncul whitehead dan blackhead, benjolan kecil, benjolan besar yang menyakitkan, dan juga adanya bekas jerawat.

Baca juga: 5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kulit Wajah, Ampuh Obati Masalah Kulit!

2. Dermatitis

Berdasarkan studi dalam jurnal Allergology International, didapatkan adanya kaitan antara penggunaan produk pemutih kulit dengan dermatitis kontak, yaitu muncul peradangan pada kulit yang disebabkan oleh kontak dengan zat kimia tertentu. Gejala alergi kontak yang bervariasi mulai dari gejala ringan sampai gejala berat, yang meliputi seperti adanya kemerahan, kulit lecet, bisul, gatal-gatal, kulit kering, kulit bersisik, pembengkakan, sampai sensasi terbakar.

3. Exogenous Ochronosis

Menurut studi dan penelitian, exogenous ochronosis (EO) merupakan sebuah kelainan kulit yang menyebabkan pigmentasi berwarna biru kehitaman yang biasanya terjadi akibat adanya komplikasi dari penggunaan krim pemutih kulit yang mengandung bahan hidrokuinon dalam waktu panjang.

Orang yang menggunakannya pada area tubuh secara luas atau di seluruh tubuh akan cenderung mengembangkan exogenous ochronosis daripada mereka yang hanya menggunakan krim yang mengandung hidrokuinon ini pada area tertentu.

Baca juga: 5 Merek Skincare Korea Untuk Kulit Sensitif

4. Keracunan Merkuri

Lalu dampak kosmetik palsu bisa menyebabkan terjdinya kercaunan bahan merkuri dalam tubuh. Krim pemutih palsu yang menggunakan merkuri sebagai salah satu bahan pemutih tentu sangat berbahaya. Dan, pemakaian merkuri telah dilarang penggunaannya dalam berbagai produk kecantikan kulit.

Jika kamu sering menggunakan produk pemutih yang mengandung bahan ini, maka lama kelamaan kamu bisa saja mengalami keracunan merkuri yang gejalanya seperti, mati rasa, tekanan darah tinggi, kelelahan, sensitivitas terhadap cahaya, tremor, kehilangan memori, mudah marah, sampai gagal ginjal.

5. Sindrom Nefrotik

Lalu ada sindrom nefrotik merupakan gangguan ginjal yang sering disebabkan karena kerusakan pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk menyaring limbah juga kelebihan air. Gangguan ini menyebabkan tubuh mengeluarkan terlalu banyak protein dalam urin dan tentu sangat berbahaya jika sampi terganggung.

Krim pemutih kulit yang mengandung merkuri juga dikaitkan dengan sindrom nefrotik. Gejala dari gangguan ini bisa berupa terjadi pembengkakan di sekitar mata kaki dan pergelangan kaki, urin berbusa, kehilangan selera makan, sampai mengalami kelelahan.

Baca juga: Rahasia Kulit Awet Muda Wanita Jepang, Patut Dicoba!

Nah, itu tadi ulasan mengenai dampak kosmetik palsu, semoga kamu bis menghindari pemakaian pemutih kulit ini agar terhindari dari masalahnya.

Tags
Show More

Tahu Kau

Tahukau blog ini tercipta dikarenakan seseorang yang memberikan inpirasi penuh dengan sebuah informasi dan ilmu yang baik. Dan mengajarkan dari hal mental terlebih dahulu. Sehingga Blog Ini Tercipta menjadi www.tahukau.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close